Model TPS Tingkatkan Komunikasi dan Motivasi Belajar Matematika

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KURIKULUM 2013 memiliki prinsip utama pada aspek penilaian yaitu, spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pendidikan hendaknya mampu menghadirkan generasi yang mampu menghadapi tantangan dan memiliki keterampilan. Guru tidak hanya memberikan materi tetapi juga pembentukan keterampilan, seperti communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation. Salah satu permasalahan dalam pendidikan adalah proses pembelajaran yang masih lemah. Proses pembelajaran sebaiknya memampukan peserta didik mengembangkan potensi dan kemampuan.

Materi lingkaran adalah salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Matematika yang dipelajari oleh peserta didik kelas VIII semester genap SMPN 2 Brangsong. Selama pembelajaran berlangsung, sebagian besar peserta didik kurang aktif secara komunikasi (communication). Guru cenderung tidak mempersoalkan kemampuan komunikasi pada proses pembelajaran, sehingga muncul anggapan bahwa kemampuan komunikasi tidak dapat dibangun pada mata pelajaran matematika. Akibatnya, guru jarang memberi kesempatan peserta didik untuk mengemukakan pendapat atas jawabannya. Peserta didik juga tampak tidak termotivasi untuk memahami lebih lanjut.

Oleh karena itu, penulis berupaya menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Motivasi belajar adalah salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan pembelajaran (Mulyasa, 2005:112). Guru perlu meningkatkan kemampuan tersebut agar peserta didik juga termotivasi untuk memahami materi. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe TPS (Think-Pair-Share) yang berarti berpikir-berpasangan-berbagi.

Baca juga:   Konsep Pembelajaran Matematika SD yang Tepat di Tengah Pandemi

Model pembelajaran TPS merupakan jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dengan memberi penekanan pada penggunaan struktur tertentu (Trianto 2011: 81). Struktur ini menghendaki peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok kecil (2-4 anggota). Model TPS mendorong peserta didik untuk berpikir, memberi kesempatan mereka untuk memutuskan sesuatu, dan mengekspresikan pemikiran mereka. Guru memberikan waktu untuk berpikir suatu persoalan (think), berdiskusi dengan mitra atau pasangannya (pair), dan berbagi hasil diskusi (share). Ketika peserta didik berdiskusi (pair) dan berbagi (share) terjadi komunikasi dan interaksi secara aktif. Model pembelajaran TPS ini diterapkan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan lingkaran di kelas VIIID SMP N 2 Brangsong.

Langkah pembelajaran menggunakan model TPS sebagai berikut, Pertama, guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi peserta didik, dan menjelaskan materi tentang lingkaran. Kedua, guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi lingkaran. Ketiga, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memikirkan (think) jawaban dari pertanyaan yang disampaikan guru. Guru meminta peserta didik untuk menuliskan hasil pemikirannya masing-masing. Keempat, guru mengorganisasikan peserta didik untuk berpasangan dan memberi kesempatan berdiskusi (pair) dengan saling bertukar jawaban. Guru memotivasi peserta didik untuk berinteraksi secara aktif. Kelima, guru meminta peserta didik untuk berbagi (share) jawaban dengan mempresentasikan pemecahan masalah secara individual atau berpasangan di depan kelas. Keenam, guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi hasil belajar materi lingkaran dengan model pembelajaran TPS.

Baca juga:   Siswa SMK Mau Berwirausaha dan Berdikari dengan Gemes

Pembelajaran matematika melalui penerapan model TPS terbukti menghasilkan minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penerapan model TPS dapat lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi (communication) peserta didik. Selain itu, peserta didik juga termotivasi untuk belajar matematika. (ikd2/ida)

Guru Matematika SMP N 2 Brangsong

Author

Populer

Lainnya