Dengan Kopsis Media Smart, Siswa Belajar Menjurnal

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KOPSIS merupakan koperasi yang berada dalam lingkungan sekolah. Anggotanya adalah siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakukan kegiatan ekonomi tanpa badan hukum. Tujuan kopsis untuk beberapa alasan, pertama, memberi bekal kepada siswa sekolah secara langsung dengan praktek berkoperasi dalam memenuhi berbagai barang kebutuhan sekolah; kedua, agar para siswa dapat menumbuhkan serta mengasah demokrasi, kreatifitas, kemampuan, pengetahuan dan lain lain.

Koperasi sekolah sebagai wahana pembelajaran memiliki potensi alternatif bagi kepentingan masa depan dan potensi peningkatan kualitas sumber daya. Karena kopsis sebagai sarana pembelajaran dan mengasah potensi kewirausahaan. Potensi siswa mengenal dan mempraktikkan sendiri aktivitas transaksi seperti mencatat, membukukan, melayani pelanggan, menerima barang, mengelola barang serta sebagai aktivitas lainnya.

Peran kopsis atau koperasi siswa salah satunya sebagai laboratorium belajar ekonomi di sekolah. Sekolah merupakan salah satu lembaga yang bertanggung jawab mengembangkan perilaku ekonomi. Karena hal inilah penulis ingin memanfaatkan kopsis sebagai media pintar untuk menjelaskan materi menjurnal dalam pembelajaran akuntasi di kelas XII.

Akuntansi adalah bidang ilmu yang mudah dipahami dan dimengerti, namun sulit dipraktikkan. Di dalam dunia akuntansi, nama jurnal pasti sudah tidak asing lagi bagi akuntan atau pihak yang berkepentingan dengan akuntansi. Dalam hal ini siswa. Sebab jurnal sangat dibutuhkan dalam setiap pencatatan rinci transaksinya.

Baca juga:   Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan Lebih Seru melalui Ular Tangga

Mulai dari nama transaksi, nominal dan waktu transaksi berlangsung. Tetapi pembuatannya ada ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan serta pemahaman tentang dasar dasar akuntansi.
Mengajar akuntansi terutama materi jurnal, apabila hanya disampaikan lewat penjelasan saja atau penayangan media slide di LCD, menjadi hal yang kurang menarik dan kurang dapat dipahami. Apalagi saat mengajar, kelas tersebut pada saat jam terakhir, tentunya guru membutuhkan tenaga ekstra untuk memahamkan siswa tentang materi yang akan diajarkannya. Siswa biasanya menanyakan mana uangnya, kok hanya digambarkan saja.
Menjurnal atau materi tentang akuntansi identik dengan uang. Pada saat pembelajara menjurnal anak dibawa ke Kopsis untuk praktik langsung tentang transaksi atau kejadian ekonomi yang bisa diaplikasikan dalam materi. Salah satu contohnya, beli alat tulis tunai atau kredit seharga Rp 10.000, maka siswa bisa langsung mempraktikkan. Teman yang lain dapat mengalisa dari kejadian atau transaksi tersebut. Tidak hanya itu, untuk transaksi yang lain, semisal mengambil uang untuk keperluan pribadi atau prive uang untuk keperluan pribadi juga bisa dipraktikkan.

Baca juga:   Melatih Berpikir Komputasional dalam Menganalisis Persoalan dengan Flowchart

Dengan menggunakan Kopsis sebagai media pembelajaran di sekolah, lebih memudahkan atau membantu siswa dalam memahami materi. Selain itu, siswa dapat mempraktikkan secara langsung dan melihat proses kejadian transaksi. Siswa juga dapat melihat bukti-bukti transaksi yang dipelajari di materi awal mengenal akuntansi. Siswa akan mudah mengingat dan memahami materi terutama materi menjurnal.

Kopsis menjadi media smart atau media pintar secara sederhana yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa IPS atau siswa IPA yang belajar akuntansi. Penulis yakin, dimanapun tempat belajarnya hampir semua sekolah memiliki Kopsis. Ini memudahkan guru mempraktekkannya. Pengalaman belajar siswa lewat Kopsis dapat membantu dan memudahkan siswa dalam mengingat materi tentang menjurnal karena siswa belajar langsung berdasarkan pengalaman atau kejadian yang siswa lakukan sendiri. Belajar akuntansi ternyata bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan karena sebenarnya transaksi tidak serumit yang dibayangkan. Apalagi pembelajarannya dilakukan di tempat yang menyenangkan bagi siswa. (ikd1/ida)

Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya