Belajar Ancaman Terhadap Kedudukan NKRI dengan Edmodo

spot_img

RADARSEMARANG.ID, UNTUK pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), di lingkungan pendidikan muncul kebijakan home learning yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah dan guru dituntut tetap melaksanakan pembelajaran.

Banyak tersedia aplikasi yang bisa kita pakai. Salah satunya aplikasi Edmodo melalui gawai seperti yang akan saya gunakan dalam pembelajaran materi ancaman terhadap kedudukan NKRI Kelas XI Semester dua SMA Negeri 1 Pegandon.

Dalam materi ini siswa menganalisis kasus-kasus ancaman terhadap integrasi nasional dalam berbagai aspek kehidupan IPOLEKSOSBUDHANKAM. Siswa diharapkan mampu menemukan strategi mengatasinya,
Menurut Pitoy (2012), menyatakan Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung.

Caranya, pertama mengunjungi website Edmodo pada newedmodo.com. Pada tampilan website Edmodo, akan terdapat tulisan Get Started as maupun pilihan Login atau SignUp disisi kanan atas. Pilihlah jenis akun yang ingin dibuat sesuai peruntukannya. Terdapat tiga bentuk akun yang disediakan di Edmodo yakni: akun orangtua, akun guru dan akun siswa. Ketiganya memiliki form pendaftaran yang berbeda.

Baca juga:   Membumikan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda melalui Pembelajaran PPKn

Untuk akun guru, setelah memilih I am a Teacher, akan ada tawaran untuk langsung mendaftar menggunakan akun Google dan Office 365 atau mendaftarkan dengan hanya mengisi alamat email dan password. Untuk akun siswa, setelah memilih I am Student, akan ada tawaran pendaftaran menggunakan akun Google juga dan Office 365, maupun pendaftaran manual, namun bedanya adalah pengisian lebih detail termasuk first name, last name dan class code. Sedangkan untuk orang tua, disediakan form untuk mengisikan alamat email atau nomor telepon beserta password dengan tawaran juga menggunakan akun Google dan Office 365. Nantinya akan ada konfirmasi dari pihak Edmodo melalui email yang diinput.
Guru dapat membuat kelas terlebih dahulu sesuai dengan kelas yang diampu. Siswa yang sudah membuat akun diminta masuk sesuai kelas, dengan kode yang diberikan oleh guru.

Untuk memulai atau berdiskusi materi, guru memposting materi ancaman terhadap kedudukan NKRI. Siswa membuka postingan dan mempelajarinya. Siswa bisa melakukan komunikasi tanya jawab dengan guru melalui kolom komentar. Sehingga di dalam proses ini siswa dan guru bisa berinteraksi guna memahami materi. Untuk mengukur pemahaman siswa, guru memberikan kuis atau tugas lain yang harus dikerjakan oleh siswa dalam kolom penugasan.

Baca juga:   Accidental Speaker, Tingkatkan Kemampuan Berbicara

Siswa bisa mengerjakan tugas dengan mengetik jawaban di bagian Type your response, Submission. Setelah itu siswa mengerjakan tugas atau kuis. Setelah tugas selesai dikerjakan, maka siswa bisa meng klik Submit. Berarti tugas telah terkirim. Selain itu bila dibutuhkan, siswa bisa memberikan lampiran file, gambar, atau video, pada tap Attach. Siswa bisa memilih Select from Gallery untuk mengambil gambar/video dari Gallery HP. Memilih Take New Photo/Video untuk mengambil gambar melalui kamera. Memilih File from Library untuk mengambil file dari Library Edmodo. Memilih File From Device untuk mengambil file dari HP. Memilih Link untuk melampirkan link. Atau memilih Draw a Sketch untuk melampirkan gambar dengan menggambar terlebih dahulu.

Guru dapat memperoleh jawaban tugas siswa, menilai tugas siswa, dan siswa pun bisa langsung melihat hasilnya dalam aplikasi itu juga.
Sesuai kebiasaan siswa yang lekat dengan gawai, dengan aplikasi ini diharapkan siswa akan lebih senang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan pembelajaran di kelas XI semester dua SMA Negeri 1 Pegandon tetap terlaksana di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). (ikd2/zal)

Guru PPKn SMAN 1 Pegandon

Author

Populer

Lainnya