Asyiknya Memanfaatkan Google Earth dalam Membuat Peta Transportasi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, GEOGRAFI merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan social yang khusus mempelajari mengenai persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Dalam mengungkapkan suatu fenomena di ruang muka bumi maka peta merupakan sarana untuk memudahkan mempelajari geografi. Sejalan dengan Claudius Ptolomaeus yang menyatakan geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. Dengan demikian untuk mempelajari geografi,itu berarti juga belajar mengenai peta, sebab geografi tanpa peta terasa ada yang kurang maksimal dalam mengungkap fenomena yang terjadi di permukaan bumi, ibarat sayur tanpa garam,maka dapat dikatakan pentingnya peta dalam belajar geografi.

Google Earth merupakan aplikasi pemetaan interaktif yang dikeluarkan google yang menampilkan peta bola dunia dalam bentuk 3D, keadaan topografi, foto satelit, terrain yang dapat dioverlay dengan jalan, bangunan, lokasi, ataupun informasi geografis lainnya. Dalam hal ini yang dimaksud dengan Google Earth adalah Google Earth (free version) yang dapat diunduh dengan gratis. Media Google Earth yang digunakan dimodifikasi dengan menambahkan beberapa informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Google Earth. Pengertian peta secara umum adalah gambaran dari permukaan bumi yang digambar pada bidang datar, yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi simbol sebagai penjelas.

Baca juga:   Praktikum Virtual Gerak Lurus dengan PhET Simulation

Dalam hal ini, siswa diharapkan mampu membuat peta sendiri secara mengasyikkan dengan memanfaatkan aplikasi google Earth. Peta yang dibuat sangatlah sederhana, hanya membuat jalur transpotasi siswa berangkat dari rumah ke sekolah sesuai aturan yang sebenarnya dalam membuat peta. Memang setiap siswa membuat peta sendiri melalui aplikasi google earth dimana di dalam aplikasi tersebut terdapat informasi rute atau jalur transportasi mengenai arah dan jarak sebenarnya.selain aplikasi google earth, siswa juga menggunakan alat busur dan penggaris untuk mengukur arah dan jarak transportasi rumah ke sekolah yang kemudian dipindahkan ke kertas karton atau manila. Dari kegiatan praktek ini, ternyata siswa lebih asyik dan sangat konsen dalam membuat peta tersebut tetapi tetap “ fun “.

Di sini siswa SMAN 1 Pegandon Kendal juga bisa saling bekerjasama dan bertukar informasi mengenai cara pengukuran arah yang menerapkan model bearing atau azimuth serta mengukur dan menentukan skala sendiri. Di dalam pembuatan peta ini, meskipun pembuatan rute ini secara individu tetapi dalam pembuatan petanya di buat kelompok yang beranggotakan 8 siswa, sehingga nanti dalam 1 peta bisa memuat peta jalur transportasi dari 8 siswa tersebut. Disinilah asyiknya kegiatan ini, mereka saling bekerja sama untuk menentukan skala peta supaya semua jalur transportasi yang dipetakan bisa dibuat. Siswa sangat asyik mengukur dan menentukan arah dalam pembuatan peta serta berdiskusi untuk pembuatan symbol peta yang akan digambar dalam peta. Memang saat awal siswa siswi agak kesulitan tetapi setelah diberikan penjelesan dan mempraktekkan bersama-sama ternyata mereka malah sangat enjoy sekali. Hasil gambar peta yang digambarpun resepresentatif mirip dengan yang terdapat di aplikasi google eart. Disinilah tergambar rasa puas mereka setelah mereka melihat sendiri karya peta mereka yang dibuat sendiri tetapi disajikan berbarengan dalam kelompok sehingga tersaji peta jaringan transportasi rumah ke sekolah dari 8 siswa/siswi tersebut. Hasil peta yang mereka buatpun mereka presentasikan di depan semua teman-temannya sehingga akan muncul diskusi yang menarik. Guru hanya memberikan penguatan materi saja

Baca juga:   WAG Sarana Memahami Distribusi Peluang Binomial dan Fungsi Peluang Binomial

Dari hasil kegiatan praktek membuat peta jalur transportasi dengan memanfaatkan aplikasi google earth ternyata dapat meningkatkan antusias siswa terhadap pengetahuan peta dan cara pembuatannya serta bagaimana membuat peta yang bisa dibaca atau memberikan informasi bagi orang yang melihat peta mereka. Para siswa menjadi lebih paham dan mengerti karena mereka mempraktekkan sendiri bersama teman-temannya serta bimbingan dari guru tentunya. (ikd1/zal)

Guru Geografi, SMAN 1 Pegandon-Kendal

Author

Populer

Lainnya