Guru Berkualitas Hasilkan Pendidikan Yang Bermutu

spot_img

RADARSEMARANG.ID, GURU sebagaimana Purwanto (1997:138) adalah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di lingkungan sekolah. Guru adalah garda terdepan dalam layanan pendidikan. Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan. Tanpa seorang guru, suatu pembelajaran tidak akan pernah terjadi. Gurulah yang membimbing dan mengarahkan ke jalan yang lebih baik dalam suatu pendidikan. Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran dalam pendidikan tergantung dari guru dan peserta didik. Bermutu atau tidaknya suatu pendidikan ditentukan oleh guru. Apabila guru berkualitas maka akan menghasilkan suatu pendidikan yang bermutu pula serta peserta didik yang berkualitas baik.
Meskipun teknologi dalam pembelajaran semakin canggih, tetapi jika gurunya kurang berkualitas, maka pendidikan tersebut kurang bermutu. Guru tetaplah mempunyai pengaruh yang besar dalam dunia pendidikan. Karena guru sebagai fasilitator, motivator serta inspirator bagi peserta didik. Namun sarana dan prasarana serta dukungan lingkungan sekitar tetap sangat berpengaruh. Guru yang berkualitas yaitu guru yang memiliki pengetahuan yang baik atau mendalam tentang kurikulum pendidiksn dan mampu mengembangkannya dengan baik serta sesuai dengan aturan pendidikan yang berlaku. Guru yang berkualitas mampu memahami, memperhatikan, dan memiliki metode pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didiknya.

Baca juga:   Menuju Guru Berkualitas

Guru yang berkualitas harus memiliki bakat, keahlian, dan mental yang baik serta mencerminkan sebagai guru. Menjadi guru yang berkualitas harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas agar peserta didik tidak bosan atau jenuh dalam proses pembelajaran yang diterapkan. Dengan adanya guru yang berkualitas, maka pendidikan akan berjalan lebih terorganisir atau terarah. Guru berkualitas akan menciptakan suatu pendidikan yang lebih bermutu serta pendidikan yang lebih baik untuk menghasilkan peserta didik yang bermutu juga.

Termasuk dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Cepiring Kabupaten Kendal, dibutuhkan guru yang paham apa yang diajarkan dan caranya mengajar siswa di era kekinian. Tahu metode pengajaran yang tepat bagi siswa, sehingga siswa tidak merasa bosan dengan matematika yang selama ini menjadi mata pelajaran yang kerap dihindari banyak siswa. Namun dengan guru berkualitas, mampu membangun suasana yang menjadikan siswa merasa perlu belajar matematika, merasa nyaman dengan rumus-rumus dalam berhitung dan nyaman selama pembelajaran di dalam kelas.

Di era modern saat ini, guru harus dapat beradaptasi dengan peserta didik yang sudah terpengaruh dengan pesatnya kemajuan teknologi yang ada. Maka dari itu, guru yang berkualitas diperlukan, maka guru harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk lebih mengembangkan cara mengajarnya.
Dapat disimpulkan guru berkualitas akan membawa pengaruh sangat besar dalam pelaksanaan pendidikan. Pendidikan yang bermutu tercipta dari peran serta seorang guru yang berkualitas. (pgn2/ida)

Baca juga:   Asyiknya Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah Yang Bernilai Ibadah

Guru Matematika SMPN 1 Cepiring Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya