Belajar Materi Getaran dengan Metode Eksperimen Media Bandul Sederhana

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu materi IPA di MTs adalah peserta didik belajar tentang getaran, namun dari hasil evaluasi kelas VIII MTs NU 09 Gemuh pada ulangan harian masih rendah. Hal itu disebabkan masih rendahnya pemahaman materi tentang getaran. Pemahaman materi getaran yang biasanya diketahui melalui proses pembelajaran. Tetapi kadang-kadang siswa tidak mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Untuk itu guru harus mencari solusi model pembelajaran yang bisa meningkatkan semangat siswa sehingga materi tentang getaran bisa diterima siswa dengan baik.

Dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satunya melalui kegiatan praktik. Melalui praktik siswa dapat langsung bisa membuktikan pengaruh frekuensi dan periode yang terjadi pada getaran dari hasil percobaan dengan menggunakan bandul sederhana.

Sebagai guru IPA penulis mencoba menerapkan pembelajaran eksperimen pada materi getaran sebagai pemecahannya. Getaran adalah suatu peristiwa gerak bolak balik secara teratur suatu benda melalui satu titik seimbang. Karena terjadi dengan teratur, getaran sering juga disebut dengan gerak periodik. Kuat atau lemahnya pergerakan benda tersebut dipengaruhi oleh jumlah energi yang diberikan.

Semakin besar energi yang diberikan maka semakin kuat pula getaran yang terjadi. Satu getaran sama dengan satu kali gerakan bolak balik penuh dari benda tersebut. Untuk eksperimennya menggunakan sebuah bandul sederhana terdiri atas sebuah beban bermassa m yang digantung di ujung tali ringan (massanya dapat diabaikan) yang panjangnya sudah ditentukan. Bila beban ditarik ke satu sisi dan dilepaskan, maka beban berayun melalui titik keseimbangan menuju ke sisi yang lain.

Baca juga:   Berpikir Kritis melalui Pembelajaran LoI pada Sistem Respirasi

Setiap benda yang bergetar selalu memiliki frekuensi dan periode getar. Periode adalah waktu yang di perlukan benda untuk melakukan satu kali getaran.Periode dinyatakan dalam satuan sekon. Ferkuensi adalah jumlah getran dalam satu sekon. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz). Untuk memudahkan pemahaman tentang pengaruh frekuensi dan periode terhadap pengaruh panjang tali, peserta didik dapat melakukan kegiatan dengan menggunakan media bandul sederhana sebagai berikut. Dengan cara berkelompok sebanyak 3 siswa dalam satu kelompok.

Pertama bandul 40 cm simpangkan ke samping lalu lepaskan. Bersamaan dengan melepaskan bandul, hidupkan stopwatch dan hitung jumlah getaran. Ikatkan bandul 20 cm ke statif sehingga mengantung. Siapkan statif dan 2 bandul yang memiliki panjang tali 20 cm dan 40 cm.
Kedua setelah menghitung waktu dan jumlah getaran pada kedua bandul tersebut, ikatkan kedua bandul pada statif dan hitung waktu dan jumlah getaran kedua bandul tersebut. Kemudian bandingkan bandul manakah yang berhenti lebih dahulu.

Ketiga bandul manakah yang berhenti lebih dahulu. Bandul pertama memiliki panjang 20 cm, waktu yang diperlukan sampai bandul berhenti 3 menit 28 detik dengan 200 getaran. Bandul kedua memiliki panjang 40 cm, waktu yang diperlukan sampai bandul berhenti adalah 3 menit 34 detik dengan 150 getaran. Jadi, bandul yang berhenti lebih dahulu adalah bandul pertama yang memilik panjang 20 cm.

Baca juga:   Metode Discovery Learning Tingkatkan Minat Belajar Anak

Panjang bandul: 40 cm, 1 detik : 1 getaran, 5 detik : 7 getaran, panjang bandul : 20 cm, 1 detik : 1 getaran, 5 detik : 5 getaran. Dari kegiatan sederhana dan mengasyikkan tersebut peserta didik dapat memahami bahwa periode getaran bandul (waktu untuk menempuh satu kali getaran) tidak dipengaruhi oleh besar simpangan (amplitudo), tetapi periode getaran dipengaruhi oleh panjang atau pendeknya tali.

Semakin panjang tali, semakin besar periode getarnya dan semakin kecil frekuensinya. Dengan demikian, besar periode berbanding terbalik dengan besar frekuensi. proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih semangat serta hasil belajar siswa maksimal. (pgn2/lis)

Guru IPA MTs NU 09 Pucangrejo, Gemuh, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya