Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting di dunia, sebab di dunia ini masih membutuhkan orang-orang yang berkompeten. Yakni orang berpendidikan agar bisa membentuk dan membangun suatu negara yang maju.

Namun selain itu karakter juga sangat dibutuhkan bahkan memiliki keistimewaan tersendiri. Sebab pada zaman sekarang ini dimana sebagian orang tidak hanya melihat oleh betapa tinggi pendidikannya ataupun gelar yang sudah diraihnya, melainkan terhadap karakter atau kepribadian yang dimilikinya setiap orang.

Selain itu proses pendidikan yang berlangsung di sekolah kerapkali masih banyak yang hanya lebih mengutamakan atau mementingkan aspek kognitifnya dari pada psikomotoriknya. Dan juga masih banyak sekali para guru hampir di setiap sekolah yang hanya asal-asalan dalam mengajar agar mereka terlihat telah memenuhi tugasnya sebagai guru atau dijadikan sebagai formalitas saja, tanpa memberikan atau memperkenalkan dan mengajar muridnya mengenai bagaimana berbagai etika yang baik yang harus ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menteri Pendidikan dan Kebudayyaan Nadiem Makarim sudah mengimplementasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran pada kurikulum 13. Dengan bertujuan meningkatkan mutu penyelenggarakan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai standar kompetensi kelulusan. Pendidikan karakter merupakan bagian pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh manusia agar dapat membentuk manusia yang beradab dan berbudi pekerti baik. Sehingga ke depannya dapat menyongsong masa depan yang lebih baik, bukan suatu kehidupan yang justru akan dipenuhi dengan berbagai perilaku biadab.

Baca juga:   Metode SAS untuk Membaca Menulis Permulaan

Selain itu banyak pilar-pilar karakter yang mesti ditanamkan kepada anak–anak penerus bangsa, yang di antaranya ialah menanamkan kejujuran, sopan santun, dan berakhlak mulia. Dalam kehidupan di masyarakat, kejujuran merupakan suatu hal yang paling utama yang harus ditanamkan kepada diri kita ataupun anak – anak penerus bangsa sebab kejujuran ialah merupakan suatu benteng dari semuanya,

Dengan arahan dan bimbingan bapak Rasbai Setyo Atmojo selaku Kepala Sekolah Dasar Negeri Sendang, Alhamdulillah anak-anak telah menerapkan pendidikan karakter. Purwotuti, guru SDN Sendang beserta dewan guru lainnya telah merasakan hasil pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah. Di antaranya adalah anak bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dari guru, berkata jujur, bertutur sapa sopan, menghormati guru, berpakain rapi, datang tepat waktu, melaksanakan piket kelas, berbaris saat mau masuk kelas, membaca asmaul khusna sebelum pelajaran, menyanyikan lagu-lagu nasional, salat berjamaah, memperingati hari besar keagamaan, melaksanakan upacara setiap hari Senin dan hari besar lainnya.

Semoga saja dengan diterapkannnya berbagai pendidikan karakter di SDN Sendang dapat membentuk semua potensi terhadap kecerdasan anak –anak yang nantinya akan dilandasi oleh karakter – karakter yang bisa mengantarkan mereka menjadi orang – orang yang sangat diharapkan dan layak menjadi sebagai penerus bangsa. (pkl2/ton)

Baca juga:   Pendidikan Karakter Mapel PPKn di Masa Covid-19

Guru SDN Sendang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya