Belajar Dakwah Rasul Asyik dengan Nobar Film The Message

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MEMPELAJARI sejarah kerap dianggap membosankan bagi siswa. Apalagi kalau guru hanya bercerita tentang sejarah tersebut. Tidak jarang ditemukan para siswa yang mengantuk, jenuh dan bosan. Tak terkecuali sejarah dakwah Rasulullah SAW.

Pada pembelajaran sejarah dakwah Rasul ini banyak siswa yang merasa kesulitan. Hal ini terbukti dalam proses pembelajaran mereka kurang aktif. Kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran berimbas pada hasil belajar siswa. Terutama pada penilaian harian banyak yang belum mencapai KKM. Mereka kurang memahami sejarah dakwah Rasul yang sangat panjang tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka guru perlu menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi sejarah dakwah Rasul di Madinah. Dengan media pembelajaran yang menarik diharapkan para siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran sehingga dapat berimbas pada peningkatan hasil pembelajaran mereka. Langkah yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan media Film The Message di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pegandon.
Pada proses pembelajaran ini seluruh siswa diajak untuk nobar (nonton bareng) film The Message. Film ini dipilih karena bisa mewakili cerita sejarah dakwah Rasulullah SAW di Madinah. Film ini menceritakan tentang mengapa Rasul dan umat Islam hijrah ke Madinah, bagaimana reaksi penduduk Madinah setelah kedatangan Rasul, apa yang dilakukan Rasul setelah sampai di Madinah, bagaimana strategi dakwah Rasul di Madinah dan ada pula peristiwa perang Badar dan Uhud yang terjadi setelah Rasul di Madinah.
Dengan menonton film The Message ini ternyata para siswa sangat antusias. Mereka sangat senang dengan kejadian-kejadian yang disajikan dalam film. Mereka sangat ekspresif ketika adegan demi adegan ditayangkan. Terutama ketika peristiwa perang Badar dan Uhud banyak dari mereka yang berteriak histeris seakan merasakan betapa beratnya memperjuangkan Islam pada masa Rasulullah dan para sahabat dulu.

Baca juga:   Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif

Setelah menonton film tersebut para siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang sejarah dakwah Rasul di Madinah. Setelah dilihat seluruh jawaban siswa ternyata mereka sangat memahami materi. Dari pertanyaan yang diberikan rata-rata bisa dijawab dengan benar.

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik bagi siswa. Dengan media pembelajaran yang menarik dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Penggunaan media film sangat cocok untuk pembelajaran sejarah termasuk sejarah dakwah Rasul di Madinah. Siswa tidak perlu membaca materi yang sangat panjang dan guru tidak perlu bercerita tentang sejarah tersebut. Semua materi sudah diwakili dalam adegan film tersebut. Dengan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran maka akan berimbas juga pada hasil belajar mereka. Terbukti hasil belajar pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Pegandon lebih meningkat setelah nobar film The Message pada materi dakwah rasul di Madinah. (ikd2/ida)

Guru PAI SMAN 1 Pegandon Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya