Metode Tik Tok Meningkatkan Keterampilan Membaca Geguritan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN dan kemajuan teknologi digital pada saat ini mesti kita sambut dengan nilai positif. Dunia pendidikan harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut secara cerdas agar peserta didik mampu meningkatkan kompetensinya sesuai perkembangan jaman dan mampu menghadapi kemajuan teknologi. Mata pelajaran Bahasa Jawa yang bagi anak-anak jaman sekarang menjadi mata pelajaran yang sulit, dibandingkan dengan mata pelajaran bahasa Inggris ataupun matematika, perlu membenahi diri mengikuti perkembangan teknologi saat ini, agar pelajaran bahasa jawa juga tidak menjadikan pelajaran yang berat dan membosankan.

Inovasi dan kreatifitas pendidik untuk menciptakan merdeka belajar yang menyenangkan perlu terus didorong. Guru atau pendidik harus mampu mencari metode yang tepat sebagai formula untuk menyiptakan motivasi kepada peserta didik agar senantisa meningkatkan kemampuan dan keterampilannya. Metode yang tepat akan membawa peserta didik mampu mengoptimalkan kemampuan dirinya secara maksimal, sehingga tujuan kompetensi yang tertuang dalam kompetensi dasar dapat tercapai. Metode yang tepat akan membawa hasil yang maksimal, oleh karena itu saat ini mau tidak mau sebagai pendidik harus mampu memberikan materi pelajaran kepada peserta didik sesuai metode tepat yang diinginkan peserta didik. Seperti yang diterapkan di SMPN 1 Patean.

Baca juga:   Diskusi Kelompok Menumbangkan Sikap Antisosial Siswa

Membaca geguritan atau puisi merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Jawa, untuk memberdayaan peserta didik menigkatakan kemampuan membaca geguritan perlu metode yang sesuai. Salah satu metode yang bisa kita terapkan sesuai dengan perkembangan teknologi digital saat ini adalah aplikasi Tik Tok yang ada dismartphon. Aplikasi ini sudah banyak digunakan generasi melinea untuk mengekspresikan dirinya. Untuk itu dalam rangka pembelejaran membaca geguritan tidak ada salahnya kalau guru sebagai pengajar untuk menerapkan metode Tik Tok ini kepada peserta didik. Dengan metode Tik Tok pesrta didik bisa mengekspresikan dan menjiwai isi geguritan, kemudian peserta didik mampu membawakan secara bebas sesuai karakter yang ada dalam geguritan.

Ekspresi yang dihasilkan peserta didik ketika membaca geguritan secara konvensional, artinya membaca buku maju didepan kelas dengan disimak oleh teman satu kelas masih banyak kendala, ada yang malu, gugup dan tidak percaya diri. Namun ketika peserta didik disuruh mengumpulkan hasil membaca geguritan dalam aplikasi Tik Tok dalam smartphon hasilnya suguh luar biasa, peserta didik dapat mengekpresikan geguritan yang dibaca seperti pembaca geguritan atau puisi yang profesional. Peserta didik mampu mencurahkan isi geguritan tersebut secara maksimal rasa minder, malu, kuarang percaya diri sera hilang, berubah menjadi keberanian yang liar. Untuk itu metode Tik Tok ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk memotivasi peserta didik agar senantiasa meningkatkan kemampuan dan talentanya dalam membaca geguritan. Pengalaman yang kami rasakan dengan metode Tik Tok, membaca geguritan peserta didik disekolah kami meningkat dan memotivasi untuk untuk gemar membaca geguritan. (ikd2/zal)

Baca juga:   Metode Sisir, Cara Mudah dan Praktis Siswa Belajar KPK dan FPB

Guru Bahasa Jawa SMPN 1 Patean

Author

Populer

Lainnya