Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning pada Metabolisme

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATERI metabolisme adalah salah satu materi pelajaran di kelas XII MAN Kendal yang paling tidak disukai oleh siswa karena dianggap sulit. Menyikapi kondisi tersebut, sebagai guru yang mengajar di kelas XII yang harus menyiapkan peserta didik untuk menghadapi ujian dan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dituntut untuk dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu strategi pembelajaran yang penulis rasa paling sesuai selama ini adalah Joyfull learning.

Joyfull learning adalah suatu strategi pembelajaran yang dapat dinikmati oleh siswa. Sistem pembelajaran ini berusaha membangkitkan minat belajar dengan adanya keterlibatan siswa secara penuh sehingga tercipta makna, pemahaman dan nilai yang membahagiakan pada diri siswa.

Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kecerdasan siswa. Guru juga perlu memberikan penghargaan bagi siswa yang berpartisipasi dalam bentuk materi, nilai atau applaus.

Dengan joyfull learning ini peserta didik tidak hanya dikurung dalam ruang kelas saja tetapi juga belajar di ruang terbuka dengan arena bermain edukatif. Menjadikan pelajaran yang selama ini abstrak menjadi konkret dan relevan dengan kehidupan sehari- hari. Untuk itu persiapan pembelajaran sebaiknya dirancang dan ditata sedemikian rupa dengan melibatkan siswa sehingga terjalin kerjasama yang dapat menumbuhkan energi kejiwaan dan sinergi manusiawi yang memungkinkan berbagai wawasan, gagasan dan informasi mengalir bebas .

Baca juga:   Metode Pembelajaran Berbasis Sumber Daya di Masa Pandemi

Seperti halnya ungkapan Mihaly Csikszentmihalyi “ Syarat bagi pembelajaran yang efektif adalah dengan menghadirkan lingkungan seperti kanak- kanak”.( bukan kekanak-kanakan ) melainkan yang mendukung dan menggembirakan.

Pada kondisi kejiwaan yang menyenangakn inilah seorang guru bisa memotivasi tumbuhnya harga diri yang positif kepada siswa dan menjadikan mereka aktif dan tergugah untuk berfikir dan tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka telah menyingkirkan rintangan belajar yang sebenarnya sangat sulit jika dilakukan dalam kondisi yang tidak gembira.

Itulah tujuan dari strategi joyfull, mengajak siswa keluar dari kesulitan dan keterasingan dalam suasana yang menggembirakan. Menjadikan belajar bukan sesuatu yang membosankan tetapi asyik dan menggembirakan. Siswa dapat belajar paling baik jika mereka tahu mengapa mereka belajar dan dapat menghargai bahwa pembelajaran mereka relevan dan memiliki nilai bagi mereka sendiri. (pgn1/zal)

Guru Biologi MAN Kendal

Author

Populer

Lainnya