Snowball Throwing Tingkatkan Hasil Belajar Luas Permukaan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir, karena itu matematika sangat diperlukan baik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk menunjang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Offirston, 2014:1). Ini berarti bahwa belajar matematika untuk mempersiapkan siswa agar mampu menggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan kesehariannya dan dalam mempelajari ilmu pengetahuan lain.

Akan tetapi Matematika masih menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa di Indonesia termasuk juga siswa Sekolah Dasar (SD). Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh siswa .

Berdasarkan data yang diperoleh dari guru kelas VI B Semester 2 SDN 2 Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun 2019/2020, pada mata pelajaran matematika KD 3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya, materi luas permukaan bangun ruang, materi luas permukaan bangun ruang, belum semua siswa bisa mencapai KKM yang telah ditentukan oleh guru yaitu 70. Perolehan hasil belajar siswa terlihat dari 34 siswa, hanya 10 siswa yang bisa mencapai nilai KKM. Sedangkan 24 siswa lain belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Substansi Genetik melalui STAD dan Animasi

Melihat permasalahan diatas diperlukan alternatif pemecahan masalah untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran di kelas yaitu dengan media pembelajaran Snowball Throwing. Model snowball throwing (melempar bola) merupakan jenis pembelajaaran kooperatif yang didesain seperti permainan melempar bola. Metode ini bertujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang disampaikan oleh ketua kelompok.

Proses model pembelajaran Snowball Throwing adalah dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh (Adinmuh, 2010:1).

Adapun langkah-langkah pembelajaran Snowball Throwing materi Luas Permukaan Bangun Ruang adalah sebagai berikut: a) Guru menyampaikan materi Luas Permukaan Bangun Ruang b) Guru membentuk kelompok – kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, selanjutnya menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya atau anggota kelompoknya, c) Masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang berhubungan dengan materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok, d) Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama kurang lebih 5 menit, e) Setelah siswa mendapat satu bola pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian, f) Guru memberikan kesimpulan dari hasil pekerjaan siswa.

Baca juga:   Praktik Jual Beli melalui WA Group

Melalui penggunaan media snowball throwing membuat siswa lebih aktif,siswa disibukkan untuk bisa menyelesaikan bola bola soal yang di perolehnya. Hal ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. setelah dilaksanakan evaluasi menunjukan bahwa terjadi peningkatan perolehan rata-rata hasil pembelajaran yang dicapai menjadi 81,00 , dengan persentase ketuntasan belajar individu meningkat menjadi 95 % dari 34 siswa yaitu 32 siswa yang memperoleh ketuntasan dan hanya siswa yang belum tuntas.

Dengan demikian penggunaan media snowball throwing mampu meningkatkan hasil belajar matematika materi Luas Permukaan Bangun Ruang. pengalaman belajar yang diperoleh siswa menggunakan media snowball throwing ternyata dapat mengubah proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. (pgn1/zal)

Guru SDN 2 Nolokerto Kaliwungu Kendal

Author

Populer

Lainnya