Student Facilitator and Explaining Tingkatkan Hasil Belajar Materi Segiempat dan Segitiga

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan rangkai penyajian materi ajar yang diawali dengan penjelasan secara terbuka, memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali kepada rekan-rekannya, dan diakhiri dengan penyampaian semua materi kepada siswa. Kelebihan dari strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining antara lain materi yang disampaikan lebih jelas dan konkret, meningkatkan daya serap siswa karena dengan demonstrasi, melatih siswa untuk menjadi guru (facilitator), memacu motivasi siswa untuk menjadi yang terbaik dalam menjelaskan (explaining) materi pembelajaran kepada siswa lainnya, dan mengetahui kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan.

Salah satu materi yang pernah penulis terapkan dengan strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah materi Segiempat dan Segitiga bagi siswa kelas VII Semester II dengan submateri Mengenal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga, Memahami Jenis dan Sifat Segiempat, Memahami Keliling dan Luas Segiempat, Memahami Jenis dan Sifat Segitiga, Memahami Keliling dan Luas Segitiga, Memahami Garis-garis Istimewa pada Segitiga, Menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan.

Baca juga:   Segitiga JKW Mudahkan Siswa Menghitung Kecepatan Rata-Rata dan Skala

Langkah-langkah dengan strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining materi Segiempat dan Segitiga yang pernah penulis lakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Pageruyung Kendal sebagai berikut. Pertama, guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu Menganalisa berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegi panjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut; Menurunkan ru¬mus untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang, belah¬ke¬tu¬pat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga; Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga; Menyele¬sai¬kan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang). Kedua, guru mendemonstrasikan atau menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. Ketiga, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan atau peta konsep yang bisa dilakukan secara bergiliran atau acak. Keempat, guru menyimpulkan ide-ide atau pendapat-pendapat siswa. Kelima, guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.

Baca juga:   Caption by Whats App Story

Beberapa kelemahan yang muncul saat penulis menerapkan strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas VII SMP Negeri 2 Pageruyung Kendal antara lain siswa pemalu sering kali sulit untuk mendemonstrasikan apa yang diperintahkan oleh guru, tidak semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjelaskan kembali kepada teman-temannya karena keterbatasan wakt), adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja siswa yang terampil, dan tidak mudah bagi siswa untuk membuat peta konsep atau menerangkan materi pembelajaran secara ringkas.

Walau strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining mempunyai beberapa kelemahan, namun dari tanggapan siswa setelah pembelajaran 90% menyukai dengan strategi pembelajaran yang penulis lakukan dan hasil penilaian harian memuaskan dengan rata-rata nilai 80 dan 85% siswa tuntas belajar.

Guru Matematika SMPN 2 Pageruyung Kendal

Author

Populer

Lainnya