Menulis Narrative Text Gunakan Teknik Picture Series

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menulis mereka bisa mengekpresikan ide-ide dalam bentuk tulisan. Banyak mereka yang merasa takut jika tulisan yang di hasilkan kurang baik. Bingung untuk memulai dan terkendala untuk mengembangkan idenya. Kemampuan menulis membutuhkan banyak latihan yang harus dilakukan secara bertahap. Salah satunya melalui penyajian picture series.

Menurut Tarigan (1986) menyatakan menulis sebagai kegiatan mengungkapkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampaiannya. Menulis teks narrative merupakan suatu bentuk ungkapan cerita yang dituangkan kedalam tulisan atau bahasa yang bermakna dan dapat dipahami atau dimengerti. Hal ini tidak mudah karena peserta didik harus menulis sesuai dengan generic structure-nya. Teks narrative merupakan karangan yang berbentuk cerita bisa berupa cerita nyata ataupun cerita berbentuk legenda. Maka dari itu peserta didik harus bisa menulis secara runtut dan berkesinambungan agar bisa menjadi tulisan yang bermakna.

Menulis teks narrative bagi peserta didik kelas IX C semester 2 SMPN 2 Brangsong masih merupakan tugas yang agak berat ini disebabkan beberapa hal: Pertama, mereka kesulitan mencari dan mengembangkan ide, Kedua, mereka kurang perbendaharaan kata untuk menulis, Ketiga, media yang digunakan pengajar kurang tepat untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks narrative.

Baca juga:   Menguatkan Peran Guru Bimbingan Konseling saat Pandemi

Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencari dan mencoba teknik dan media yang tepat untuk membangkitkan motivasi dan kemampuan peserta didik dalam menulis teks narrative. Penulis mencoba menggunakan picture series atau gambar berurutan untuk mengatasi hal ini. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks narrative dengan menggunakan picture series sebagai berikut : Pertama, peserta didik diminta mengamati gambar dan mencari kata kunci dari tiap seri gambar, Kedua, apabila peserta didik mengalami kesulitan harus dibantu untuk menermukan kata kunci, selanjutnya peserta didik diminta untuk menceritakan gambar berseri tersebut.

Menurut Halmalik (1986), pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru. Dengan menerapkan media gambar ke dalam kegiatan menulis teks narrative maka minat belajar siswa akan meningkat pada pesan gambar yang ditampilkan sehingga secara tidak langsung dapat membantu siswa lebih memahami materi yang di berikan guru.

Penulis memilih media ini untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam menulis teks narrative. Dengan menggunakan media picture series siswa akan lebih tertarik karena berupa gambar yang berwarna disamping itu hemat biaya dan mudah dicari di internet.

Baca juga:   Tanamkan Nilai Karakter dengan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning

Setelah menggunakan media picture series siswa kelas IX C SMPN 2 Brangsong motivasi dan kemampuan menulis teks narrative meningkat menjadi 70% yang pada awalnya hanya 45%. Mereka sangat tertarik dan merasa senang walaupun masih ada beberapa siswa yang belum optimal dalam menuangkan ide dan kesalahan dalam tata bahasanya. Namun tidak mengurangi semangat mereka untuk lebih giat belajar menulis. (ikd1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 2 Brangsong Kendal

Author

Populer

Lainnya