Membuat Caption pada Instagram dengan Kalimat yang Baik dan Benar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bagi remaja atau anak milenial, memposting sebuah foto pada Instagram menjadi sebuah kesenangan dan kebanggaan tersendiri. Apalagi jika foto tersebut di-like oleh banyak follower-nya. Pada saat memposting foto biasanya juga disertai dengan membuat caption atau kalimat yang menjelaskan situasi dan keadaan dalam postingan tersebut. Semestinya caption dalam Instagram harus mewakili atau menjelaskan isi dalam postingan, namun ada juga beberapa yang hanya asal menulis caption saja sehingga antara gambar dan caption tidak saling berkaitan. Selain itu penulis melihat banyak remaja yang tidak menggunakan Bahasa baku dalam penulisanya serta tidak menggunakan tanda baca yang baik dan benar.

Penulis yang merupakan pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Semarang mencoba menggunakan penulisan caption pada Instagram sebagai media pembelajaran dan penugasan secara online. Penulis ingin meminimalkan kesalahan tersebut dan mencoba meningkatkan antusiasme siswa dalam membuat kalimat. Dengan membuat caption, secara tidak langsung mereka juga belajar membuat kalimat dengan baik dan benar.

Seperti yang tertuang dalam Silabus Kurikulum 13 SMA 4.72 Kelas X semester 2, siswa kelas X harus mampu menyusun teks Recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks. Dikarenakan wabah yang menimpa negeri kita tercinta yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar harus dilakasanakan dari rumah maka segala aktifitas pembelajaran dan penugasan dilakukan secara online. Pada pembelajaran di kelas sebelumnya penulis telah menjelaskan kepada siswa tentang Recount Text. Lebih lanjut penulis juga menerangkan tentang Definisi, Pola Kalimat, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam Recount Text yaitu Simp;e Past Tense. Selain itu diberikan pula contoh – contoh kalimat yaitu contoh postingan foto yang disertai caption. Penulis jelaskan bahwa kalimat pada caption yang benar harus menggunakan Simple Past Tense karena kejadiannya sudah lampau. Harus berkaitan antara foto dengan caption dan harus menggunakan ejaan serta tanda baca yang benar.

Baca juga:   Rolle Question and Answer, Dongkrak Keaktifan Belajar IPS

Penulis memberi tugas pada setiap siswa untuk memposting sebuah foto di Instagram dan menuliskan caption setidaknya dalam 5 kalimat. Caption harus sesuai dengan ketentuan yang sudah penulis berikan. Tak lupa penulis meminta siswa untuk memfollow akun penulis supaya penulis mudah untuk mengeceknya. Penulis membuat jadwal pempostingan seperti hari pertama untuk X IPS 1, Kedua untuk X IPS 2 dan seterusnya. Jika sudah di-upload penulis akan memberikan komentar pada postinganya dan memberikan skor antara 10-100. Apabila siswa memperoleh skor kurang dari KKM yaitu 70 maka siswa harus memposting kembali foto yang berbeda sampai memperoleh skor yang baik. Siswa dapat pula berkonsultasi tentang kesalahan kalimat yang mereka buat melalui direct message atau pada whatapp messenger.

Dengan penugasan seperti ini penulis berharap semua siswa akan lebih senang dalam belajar Bahasa Inggris karena mereka tetap bisa eksis dalam Instagram, namun juga tetap belajar membuat kalimat Past Tense. Selain itu bisa juga menambah followernya. (gml2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 6 Semarang

Baca juga:   Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR

Author

Populer

Lainnya