Make A Match Aktifkan Siswa dalam Pembelajaran IPA tentang Ekosistem

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan suatu proses perubahan dan perkembangan sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik berlangsung sepanjang hayat sejak manusia itu lahir. Lingkungan sosial merupakan bagian dari lingkungan masyarakat yang merupakan alat bagi manusia untuk mengembangkan diri. Menurut Buchori (2001) bahan pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya menyiapkan siswanya untuk suatu profesi atau jabatan. Dalam bidang pendidikan guru sangat berperan penting bagi keberhasilan proses pembelajaran.

Pembelajaran dikatakan berhasil apabila guru melakukan proses pembelajaran secara efektif. Agar tujuan pembelajaran IPA dapat tercapai dengan baik, maka sejak diri siswa harus dikenalkan tentang pembelajaran IPA.

Namun kenyataan tujuan pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Sukodono Kecamatan Kendal belum bisa dicapai secara maksimal. Karena guru masih mendominasi dalam pembelajaran dan hasilnya juga belum memuaskan, dalam kenyataan nilai yang diperoleh murid lain masih di bawah KKM.

Untuk itu guru berupaya agar nilai IPA yang diperoleh dapat memuaskan, maka guru mengambil inisiatif menggunakan pembelajaran dengan model make a match. Yaitu dengan cara membagi kartu soal atau kartu jawaban untuk setiap murid.

Baca juga:   Pembelajaran untuk Kesehatan Mental Siswa

Harapan guru dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan pembelajaran model make a match dapat memberikan manfaat bagi siswa. Di antaranya menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan. Materi yang di sampaikan gurupun akan lebih menarik perhatian siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 2 Sukodono.

Model pembelajaran make a match adalah sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemampuan sosial terutama kemampuan bekerja sama, kemampuan berinteraksi di samping kemampuan berpikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan bantuan kartu.
Langkah-langkah guru dalam pembelajaran make a match yaitu: guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal dan kartu jawaban. Setiap siswa mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang.

Siswa harus mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu yang dipegang tadi (kartu soal atau kartu jawaban).

Setelah siswa menemukan kecocokan kartunya sebelum batas waktu dia akan mendapatkan poin. Setelah satu babak selesai kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya. (ikd2/lis)

Baca juga:   Pentingnya Project Motion Media dalam Pembelajaran Daring

Guru SDN 2 Sukodono, Kendal

Author

Populer

Lainnya