Belajar Vocabulary dengan Word Match Games

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMAHAMAN membaca yang baik bergantung pada pemahaman kata-kata yang sedang dibaca. Lebih banyak kata-kata yang dikenali dan dimengerti dalam suatu kata atau teks,pemahaman akan lebih baik. Sesuai dengan kutipan di atas nampaknya proses memperkaya kosakata atau vocabulary memerlukan waktu yang cukup lama.

Hasil dari proses membaca yang serius,mendengarkan yang intens,bertutur dan menulis yang jelas.Cara yang luar biasa untuk memperkuat kosakata perserta didik adalah dengan mempelajari kamus yang mengulas sinonim. Sewaktu menambah kata ke kosakata, mencari tahu artinya. Dalam belajar bahasa inggris, memahami dan menghapal kosakata sangat penting, karena menjadi inti dalam sebuah kalimat dan sering digunakan dalam percakapan atau tulisan. Kosakata Bahasa Inggris wajib dihafalkan dalam memudahkan peserta didik mempelajari Bahasa Inggris baik dalam belajar speaking ataupun writing. penulis mencoba proses belajar mengajar dengan sebuah game agar peserta didik lebih mudah dan menyenangkan dalam belajar vocabulary.

Tidak ada pembelajaran yang lebih menyenangkan daripada bermain sambil belajar. Mungkin di antara peserta didik apabila disuruh memilih untuk bermain sambil belajar,mereka tentu akan memilih untuk bermain sambil belajar. Alasannya tentu sederhana saja,yaitu karena selain mendapatkan rasa senang dan bahagia,juga mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa secara langsung diterapkan dalam permainan itu sendiri.
Sebenarnya, bermain itu memang salah satu bentuk dari pembelajaran.Bermain adalah suatu kegiatan yang mampu memberikan suatu hal simbolik gerakan-gerakan aktif,sangat menyenangkan,membuat pikiran tenang dan memberikan pembelajaran selama proses belajar bahasa inggris.Namun bukan berarti bermain sambil belajar itu bisa dilakukan seenaknya oleh pelakunya? Melainkan, didalam pembelajaran yang menggunakan metode bermain sambil belajar, di sana memiliki semacam program bermain yang sudah terencana terstruktur.

Baca juga:   Budaya Literasi Kuasai Makna Kata

Untuk meningkatkan minat belajar dan bisa berpikir aktif siswa SMP Negeri 3 Kendal dalam pembelajaran vocabulary menggunakan model Word Match Games atau istilah lainnya memasangkan kata. Model Word Match Games adalah pilihan metode pembelajaran yang utama dalam proses belajar mengajar. Model Word Match Games merupakan salah satu games yang bisa dimanfaatkan untuk belajar vocabulary atau tata bahasa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Model tersebut merupakan sebuah game yang mengembangkan pengetahuan akan berbahasa Inggris melalui pencocokan kata demi kata merupakan hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba.

Tujuan dari metode ini melatih kata sinonim dan juga antonim mengingat dari beberapa diantara siswa, apabila mendengar sebuah kata, siswa pasti seperti tertarik untuk mencari apasih kira-kira pasangan dan juga lawan dari kata yang mereka sebutkan tadi? Model Word Match Games ini berfungsi untuk menambah kosakata akan hal tersebut.

Langkah-langkah dalam pembelajaran tersebut pertama siswa dibagi menjadi kelompok,setiap kelompok terdiri empat peserta didik. Setelah semua kata telah siap, barulah instruktur memberikan pertanyaan untuk mencari persamaan dan lawan kata dari kata yang diberikan. Kelompok pemenang dari permainan ini tentu dinilai dari kecepatan dan juga kecepatan. Untuk peserta didik tentu games ini menjadi cara yang memikat untuk mempelajari vocabulary dalam pelajaran Bahasa Inggris dengan baik dan benar.
Dengan pembelajaran metode word match games peserta didik SMP Negeri 3 Kendal bisa berpikir aktif, bekerja sama, menyenangkan, menambah informasi, menambah kosakata dan meningkat dalam pengetahuan pelajaran Bahasa Inggris. (ikd1/zal)

Baca juga:   Peran Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era New Normal Pendidikan

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Kendal

Author

Populer

Lainnya