Ulangan Online Membuat Siswa Lebih Interaktif dan Menyenangkan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Wabah Covid – 19 yang memberikan dampak besar dalam kehidupan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberi intruksi untuk meliburkan semua siswa untuk belajar di rumah selama 14 hari dari tanggal 16 Maret 2020. Bahkan kemudian diperpanjang sampai bulan Juni.

Karena pembelajaran siswa melalui jarak jauh dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh maka kita sebagai guru harus bisa mensiasati memberikan tugas belajar dengan pengalaman yang bermakna bagi siswa, dan tidak memberatkan siswa. Di SMP N 3 Weleri sebagai guru PABP untuk membuat anak tidak jenuh dalam mengerjakan tugas tugas mapel Agama. Terutama dalam pengembilan penilaian kemampuan belajar suatu Kompetensi Dasar guru biasanya mengadakan penilaian berupa penilaian harian/ulangan harian, tugas-tugas, praktik dan lain-lain. Pengaplikasiannya menggunakan handphone android atau komputer dengan jaringan internet dengan cara memberikan soal ke siswa dan siswa menjawab soal-soal yang diberikan guru secara online/daring lewat handphone mereka.

Aplikasi ini adalah Kuis Interaktif kelas menggunakan Quizizz. Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas untuk penilaian formatif. Aplikasi ini dapat digunakan dimana saja baik saat pembelajaran atau dirumah. Untuk menggunakan aplikasi Quizizz ini guru dan siswa membuat akun dulu yang sebelumnya mempunyai akun email Gmail.. Langkah-langkahnya : pertama, masuk ke www.quizizz.com lalu daftar/Sign up siapkan akun Google atau Gmail anda. Kedua, pilihlah peran, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya. Ketiga, lengkapi data Bapak/Ibu sekalian kalau berperan sebagai guru. Keempat, setelah masuk sebagai guru langsung membuat kuis atau soal dengan memilih buat kuis/Create a new Quiz dengan melengkapi modul-modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban, jawaban benar dan waktu menjawab/timer. Kelima, soal yang guru buat akan muncul di preview pertanyaan di samping kanan, tambahkan pertanyaan baru dan klik Finish/ selesai bila sudah selesai. Keenam, tahap akhir pilih Grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran, klik Finish and create Quiz.

Baca juga:   Enam Tips Menghadapi Pembelajaran New Normal

Soal-soal/ kuis Bapak/ibu akan tersimpan dan bisa digunakan kapan saja berulang-ulanr, baik secara langsung atau dikerjakan di rumah. Ketika soal sudah siap untuk diberikan siswa tampilkan kuis anda secara langsung atau PR. Setting atau atur kuis anda dari berbagai pilihan misalnya kuis bisa diakses berapa lama, berapa kali siswa bisa mengulang, peringkat, memunculkan atau mematikan/OFF jawaban setelah menjawab, dan lain-lain. Lalu klik Proceed atau proses.

Setelah itu minta siswa anda untuk membuka join.quizizz.com, dan membagikan kode 5 digit yang dihasilkan ke siswa anda, juga dapat anda bagikan melalui Google Classroom. Dari hasil siswa mengerjakan soal atau kuis, memberikan data dan ststistik tentang kinerja siswa. Dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Bahkan hasil dari kuis tadi bisa Bapak/Ibu Download dalam bentuk Spredsheet Excel, yang nantinya biasa diolah menjadi nilai jadi. Dengan Quizizz, siswa bisa bermain kapan saja dan dari mana saja. (pgn1/ton)

Guru PAI SMP N 3 Weleri

Baca juga:   Mudah Belajar Daring PGS Lingkaran Bagi Adil Menggunakan Pentablet

Author

Populer

Lainnya