Pohon Karier Mudahkan Siswa dalam Rencanakan Pekerjaan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Siswa madrasah Tsanawiyah adalah siswa yang memasuki masa remaja. Tugas perkembangan yang wajib siswa SMP/MTs penuhi atau kuasai yaitu mampu untuk memahami, memilih, dan menentukan study lanjut. Tugas perkembangan karier SMP yaitu mengenal bakat, minat, serta arah kecenderungan karier, mengembangkan pengetahuan, dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat terkait (Winkel & Hastuti,2006:710).

Berhubung dengan tugas perkembangan tersebut siswa SMP/MTs masih terlalu dini untuk berkarier, sehingga perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu jenjang pendidikan SMA/MA atau SMK. Realitas di lapangan, siswa setelah lulus dari madrasah masih banyak yang belum memiliki gambaran tentang apa yang akan dilakukan. Hal ini tentunya memerlukan perhatian dan pemikiran yang cukup mendalam karena menyangkut penentuan masa depan dan membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Perencanaan karier untuk siswa madrasah tsanawiyah sangat dibutuhkan, pemberian layanan tentang perencanaan karier dilakukan secara klasikal oleh guru bimbingan dan konseling. Penulis sebagai guru bimbingan dan konseling di MTsN 2 Kendal sudah berupaya memberikan pemahaman dan gambaran tentang sekolah lanjutan seperti SMA/MA atau SMK, tetapi masih banyak siswa kelas IX yang belum mempunyai rencana setelah lulus dari madrasah karena kurang memahami bakat dan minatnya, ada juga beberapa yang masih bingung atau ragu – ragu dalam menentukan sekolah lanjutan bahkan ada yang hanya ikut – ikutan teman dalam memilih sekolah.

Baca juga:   Mengatasi Kejenuhan Belajar dengan Pembelajaran Berbasis Picture and Picture

Pilihan studi lanjut di SMA/MA atau SMK bukan hanya pilihan yang mudah tetapi juga perlu pertimbangan yang matang. Pertimbangan – pertimbangan ini dapat dilihat dari kemampuan bakat, minat dan motivasi siswa serta kondisi sosial ekonomi keluarga . Dengan pilihan study lanjut yang tepat maka alur pilihan karier kedepan akan terlaksana dengan baik. Diharapkan setelah lulus dari SMP/MTs, siswa dapat menentukan pilihannya untuk melanjutkan ke SMA/MA atau ke SMK.

Di MTsN 2 Kendal, penulis menggunakan media pohon karier untuk membantu dalam menyampaikan materi layanan bimbingan dan konseling bidang karier. Pohon karier ini berbentuk gambar diagram pohon yang terdiri daun, pohon, batang, dan akar. Dari tiap – tiap bagian pohon menjabarkan sub-sub pencapaian karier. Selain pohon karier kelompok peminatan SMA/MA, ada juga pohon jabatan dan pohon karier kelompok peminatan/keahlian SMK. Manfaat dari penggunaan media pohon karier bagi siswa adalah untuk mempermudah siswa mengenal, memahami perencanaan karier setiap kelompok peminatan atau keahlian dan membantu siswa dalam memilih jurusan sesuai dengan bakat minatnya sehingga diharapkan tidak ada lagi siswa yang bingung atau ikut-ikutan teman dalam memilih sekolah.

Baca juga:   PKG 360 Derajat (Plus Suplemen) Membuat Kinerja Guru Lebih Bermutu

Terbukti, siswa yang sudah mempunyai perencanaan karier sejak SMP/MTs akan lebih fokus terhadap apa yang akan dilakukan di masa yang akan datang terkait dengan pekerjaan sebagai sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan fokus pada perencanaan karier dan melakukan kegiatan penunjang karier akan mempermudah siswa dalam mewujudkan keinginan dalam mencapai pekerjaan atau karier yang diinginkan. (pgn2/ton)

Guru Bimbingan dan Konseling, MTsN 2 Kendal , Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya