Mari Biasakan Gosok Gigi Sejak Dini

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu aspek penting yang harus kita jaga. Tidak hanya bagi orang dewasa saja. Tetapi anak anak harus diajarkan dan dibiasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka sejak dini. Kesehatan gigi akan berpengaruh pada kualitas hidup dan tumbuh kembang anak.

Sejak anak berumur satu tahun, orang tua diharuskan untuk membawa anak ke dokter gigi supaya orang tua mendapatkan edukasi pencegahan karies pada gigi anak dan mendapatkan penanganan gigi berlubang sejak awal. Karena banyak anak di usia tersebut mengalami gigi berlubang ataupun karies. Penyebabnya adalah di usia tersebut anak masih suka makan yang manis – manis. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha untuk mendekatkan anak pada dokter supaya anak tidak takut dengan dokter. Orang tua harus membiasakan anak dan mendampingi anak untuk menyikat gigi sampai umur delapan tahun.

SKRT (2004) menyatakan bahwa karies gigi anak bisa menimbulkan Empat M, yaitu menurunkan selera makan, menurunkan fungsi alat cerna, menurunkan angka kehadiran, menurunkan prestasi belajar. Agar kecerdasan anak tidak terganggu di kemudian hari, maka guru TK yaitu menyelenggarakan program gosok gigi dua minggu sekali di TK kami yaitu TK Widyatama Margosari.

Baca juga:   Ayo Kenalilah Lingkungan Sekolah Kita

Ada beberapa tips mengajarkan anak gosok gigi. Biarkan anak memilih bentuk sikat gigi dan rasa pasta gigi yang disukainya agar rutinitas menggosok gigi lebih menyenangkan anak. Menggosok gigi bersama –sama di sekolah akan lebih menarik untuk anak sedangkan di rumah bisa dengan orang tua.

Orang tua juga bisa mengajarkan anak gosok gigi ketika mandi, sesudah makan dan sebelum tidur. Jadikan kesempatan tersebut sebagai waktu menggosok gigi bersama dengan keluarga. Gosok gigi di depan cermin agar anak dapat melihat menyikat gigi dengan benar secara bertahap.

Kalau upaya yang kami lakukan di TK pada saat program gosok gigi yaitu anak membawa sikat gigi dan gelas plastik sendiri dari rumah, sekolah menyediakan pasta giginya. Guru memberi contoh cara gosok gigi yang benar lalu anak mengikutinya. Bisa juga mengajarkan gosok gigi lewat cerita dan gambar sebelum memulai kegiatan gosok gigi. Ceritakanlah kisah tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak misalnya kisah peri gigi dll. Semakin menarik hal yg kita sampaikan pasti anak mudah menyerap informasi tentang kesehatan gigi. Jika perlu, gunakan video atau visualisasi bergambar untuk memperlihatkan gigi yang sehat dan berlubang. Trik ini akan menjadi jurus yang jitu untuk membuat anak takut sakit gigi dan akan rajin gosok gigi. Jangan lupa berikan pujian pada anak untuk kebersihan giginya.
Berarti di sini peran guru dan orang tua sangat penting dalam menanamkan dan membiasakan gosok gigi untuk menjaga kebersihan gigi anak sejak dini, jangan lupa pula periksa gigi dengan rutin ke dokter gigi. (pgn2/ton)

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ancaman terhadap Negara melalui Mind Mapping

Guru TK Widyatama Margosari, Limbangan, Kendal

Author

Populer

Lainnya