Portofolio Efektif Tingkatkan Hasil Belajar IPS

spot_img

RADARSEMARANG.ID, HASIL belajar peserta didik pada mata pelajaran (mapel) IPS di SMP Negeri 2 Warungasem Kabupaten Batang tergolong masih rendah. Di antaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran sejarah di SMP, jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh peserta didik karena membosankan. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang digunakan guru adalah model pembelajaran berbasis portofolio.

Portofolio sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar peserta didik memiliki kemampuan dalam mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh peserta didik melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya. Selanjutnya dituangkan secara penuh dalam tugas-tugasnya.

Adapun tujuan pembelajaran berbasis portofolio adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIIIB SMPN 2 Warungasem Kabupaten Batang. Langkah-langkah pembelajaran berbasis portofolio sebagai berikut, pertama, guru memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok, dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing. Kedua, setiap anggota kelompok berdiskusi membahas permasalahan yang diberikan guru sehingga terjalin interaksi antarsesama anggota kelompok. Ketiga, selesai diskusi dilanjutkan dengan peserta didik mempresentasikan hasil karya mereka dalam suatu show case yang terdiri atas portofolio dokumen dan tayangan. Peserta didik yang lain menanggapi hasil presentasi. Keempat, guru memberikan penilaian terhadap hasil portofolio peserta didik. Kelima, guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan presentasi.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui Pemberian Tugas sebelum Materi Diajarkan

Hasil penilaian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis portofolio, kemampuan peserta didik dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah meningkat. Selain itu, peserta didik menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan ilmu sejarah dalam kehidupan bermasyarakat. Variasi penerapan model pembelajaran ini dapat menghindari kebosanan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPS, sehingga hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan telah terjadi perubahan pada diri peserta didik ke arah yang lebih baik. Karena peserta didik telah mengalami suatu proses belajar, sehingga hasil belajar mereka meningkat.

Adanya peningkatan persentase daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Karena proses belajar yang efisien. Artinya, peserta didik tidak memperoleh ilmu pengetahuan yang statis dan otoriter, tapi bisa mengembangkan berbagai keterampilan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sesuai Budimansyah (2002:1), sebagai suatu proses sosial pedagogis. Portofolio adalah collection of learning experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik baik yang berwujud pengetahuan, keterampilan, maupun nilai dan sikap. Adanya peningkatan persentase daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio model ini, tepat digunakan dalam pembelajaran IPS. (pkl2/ida)

Baca juga:   Tingkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Project Based Learning

Guru IPS SMPN 2 Warungasem Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya