Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh dengan Latihan Speed of Movement

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sebagai solusi untuk memperbaiki pembelajaran atletik serta nilai, disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran pada pembelajaran lompat jauh dapat mengggunakan metode latihan yang sesuai dengan lingkungan SMP Negeri 3 Ulujami. Metode latihan speed of movement dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan melakukan awalan pada lompat jauh. Hal ini disebabkan metode latihan tersebut memiliki keunggulan antara lain dilakukan secara terus terus menerus dan dapat dilakukan secara langsung baik oleh guru maupun siswa.

Metode latihan speed of movement memiliki spesifikasi, yaitu adanya pembiasaan suatu penerapan konsep tertentu yang memungkinkan secara positif dapat tercapainya ketrampilan tertentu serta nilai disiplin, semangat, sportivitas dan kejujuran. Tujuan melakukan awalan pada lompat jauh adalah untuk mendapatkan kecepatan. Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu yang sesingkat-singkatnya (Sajoto 1995). Melakukan awalan lompat jauh dari kecepatan rendah makin cepat hingga kecepatan maksimal dengan tidak merubah langkah sampai akhirnya menolak dengan kaki yang terkuat.

Hal ini dilakukan agar kecepatan yang dibangun dari awalan sampai kaki melakukan tolakan dapat dilakukan secara benar dengan tidak merubah langkah. Karena merubah langkah pada saat melakukan awalan lompat jauh akan mengurangi kecepatan, padahal kecepatan akan berpengaruh pada kekuatan saat akan menolak pada papan tolak. Speed of movement adalah kemampuan untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus (Budi Sutrisno 2010). Metode latihan tersebutt memungkinkan peserta didik banyak melakukan latihan awalan lompat jauh. Seringnya melakukan latihan awalan lompat jauh tersebut apabila dikembangkan secara benar akan mampu mengeksplorasi keterampilan-ketrampilan dasar yang dimiliki peserta didik menjadi sebuah keahlian khusus dalam olahraga atletik seperti lompat jauh.

Baca juga:   Belajar Berwirausaha Berawal dengan Membuat Produk

Ada empat teknik dasar yang harus dikuasai antara lain teknik melakukan awalan, teknik melakukan tolakan, teknik sikap badan di udara dan sikap mendarat. Pada teknik dasar awalan mempunyai bobot yang lebih sehingga perlu adanya penguatan, hal ini disebabkan awalan berguna untuk mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan pada waktu akan menolak. Metode Latihan Speed of Movement sangat sesuai untuk meningkatkan kemampuan melakukan awalan.

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan dengan waktu yang relatif singkat agar mencapai hasil yang sebaik mungkin. Kecepatan merupakan unsur gerak dasar yang berguna untuk mencapai prestasi yang maksimal. Speed of movement adalah kemampuan seseorang untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus seperti gerakan awalan pada lompat jauh dapat dilaksanakan secara perorangan, kelompok atau klasikal. Menentukan apakah latihan yang dilaksanakan bersifat perorangan, kelompok atau klasikal didasarkan atas memadainya sarana dan prasarana yang tersedia. Namun demikian, makin sedikit jumlah yang ditangani dalam latihan speed of movement, makin memperoleh hasil yang lebih baik.

Baca juga:   Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Life Skill

Langkah-langkah dalam metode latihan speed of movement adalah guru memberi penjelasan singkat tentang konsep, prinsip atau aturan yang menjadi dasar dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan. Guru mempertunjukkan bagaimana melakukan kegiatan itu dengan baik dan benar sesuai konsep dan aturan tertentu. Jika latihan dilakukan secara kelompok atau klasikal, guru dapat meminta kelompok lain untuk menirukan, sementara kelompok yang lain memperhatikan. Latihan perseorangan dapat dilakukan melalui bimbingan dari guru, sehingga dicapai hasil belajar sesuai dengan tujuan. Pada pelaksanaan latihan speed of movement akan lebih mencapai keefektifan jika dibantu dengan alat-alat yang sesuai dengan kebutuhan. Alat tersebut dapat berbentuk alat- alat sederhana atau alat simulasi. Suatu hal yang tidak boleh diabaikan adalah bimbingan guru dalam latihan. (kdw1/aro)

Guru PJOK SMP Negeri 3 Ulujami, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya