Mudah Menghafal Materi Beriman Kepada Malaikat melalui Lagu

spot_img

RADARSEMARANG.ID Guru sebagai tenaga pendidik merupakan pilar utama dalam tercapainya tujuan Pendidikan Nasional. Kita perlu benar-benar berupaya agar para guru memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sebagai tugas utamanya.

Seperti kita ketahui bahwa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri hanya satu kali dalam seminggu bertatap muka dengan siswa di kelas. Sehingga dalam hal ini siswa kurang berminat dalam pelajaran ini. Hal ini terjadi di sebabkan salah satunya karena kurang kreatifitas guru dalam menstimulus keaktifan siswa pada proses belajar mengajar.

Dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Beriman Kepada Malaikat Allah SWT yang merupakan rukun Iman yang ke-2 yang harus dihafalkan. Dengan itu guru perlu menggunakan strategi agar mudah menghafal dan bertahan dalam ingatan. Penulis sebagai guru yang mengajarkan mata pelajaran PAI di SD Negeri Srondol Kulon 01 Semarang, mencoba untuk memotivasi dan menanamkan minat siswa. Di sini kita sebagai pendidik harus memperhatikan minat siswa. Kenapa harus minat? karena dengan siswa memiliki minat dan pikiran positif terhadap pelajaran tersebut, maka siswa akan merasa pelajaran itu mengasyikkan. Untuk merangsang minat itu metode yang digunakan guru adalah dengan menggunakan lagu.

Baca juga:   Menambah Perbendaharaan Kata Bahasa Inggris melalui Lagu

Guru bisa mengubah lirik-lirik lagu yang mudah dinyanyikan atau dikenal siswa. Lagu ini bisa berisi ajakan atau motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam mempelajari/ menyanyikan lagu ini. Sebagai contoh lagu Iman Kepada Malaikat – Malaikat yang harus kita imani. Lirik lagu sebagi berikut: Marilah kawan kita hafalkan nama-nama malaikat yang kita imani, Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Rokib, Atid, Malik, Ridwan.

Siswa setidaknya harus menghafal dengan cara yang tidak menjemukan dan memberatkan. Yang harus di perhatikan tentu saja pemilihan lagu yang mudah di hafal atau yang cukup dikenal siswa, tidak rumit dan bisa dinyanyikan. Tentu saja lagu ini disesuaikan dengan kondisi siswa, dan ketrampilan guru dalam membawakan di dalam kelas. Sehingga siswa merasa tertarik dan siswa tidak jenuh di dalam kelas. Dengan pelajaran metode ini, menunjukan hasil yang positif yaitu siswa lebih cepat menghafal urutan malaikat- malaikat dan dapat bertahan lama dalam ingatannya.

Dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ini telah terbukti metode pembelajaran menggunakan lagu telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Srondol Kulon 01 Semarang. (by2/aro)

Baca juga:   Tujuh Jurus Menuju Sukses Berkompetisi

Guru PAI SD Negeri Srondol Kulon 01 Semarang

Author

Populer

Lainnya