Mudahnya Belajar Simple Present melalui Permainan Scrabble

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk membantu siswa mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Dalam Buku Pedoman Pengajaran Bahasa Inggris Depdiknas (2006) disebutkan, hal yang paling mendasar dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah tentang penguasaan kosakata. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Bahasa Inggris kelas VIII adalah menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek berupa kebenaran umum dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Dimana pada KD ini dijabarkan salah satunya menjadi materi simple present tense.

Permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah rendahnya kemampuan anak dalam penguasaan kosa kata dan cara merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang tepat. Salah satu media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran simple present tense adalah permainan scrabble.

Media permainan Scrabble adalah, sebuah permainan susun huruf menjadi sebuah kata baku serta menghasilkan nilai/poin tertentu. Pemenangnya adalah peraih nilai/poin tertinggi yang diambil dari kemampuan menyusun kata atau kalimat. Hal ini bisa digunakan dalam pembelajaran kelas VIII pada materi Simple Present Tense dengan cara mengganti huruf dengan potongan kata yang terdiri atas unsur kalimat yaitu : subject, kata kerja (verb), To Be, ataupun Pronoun (kata ganti) dan object.

Baca juga:   Mudahnya Menulis Teks Recount Menggunakan Mind Mapping

Penerapan permainan Scrabble pada materi Simple Present Tense mempermudah siswa dalam belajar menyusun kosa kata untuk bisa dijadikan kalimat yang benar sesuai dengan Pattern yang sudah diajarkan. Langkah pembelajaran yang dilakukan sebagai berikut : Pertama, bentuk beberapa kelompok (belajar) kecil di dalam kelas yang berperan sebagai pemain (player). Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, yang ditentukan berdasarkan urutan di dalam Nomor Induk Siswa (NIS). Jumlah siswa di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kajen adalah 32 siswa, sehingga jumlah kelompok belajar yang akan bermain Scrabble ada 8 kelompok.

Setiap kelompok belajar mendapatkan satu paket alat permainan Scrabble, Kamus Inggris – Indonesia, dan melengkapinya dengan beberapa format isian. Antara lain: format pemain, skor dan kosakata yang berhasil disusun serta dipahami. Masing-masing kelompok memainkan Scrabble sebanyak 2 putaran dalam satu siklus. Guru bertanggungjawab menjelaskan materi terkait dengan pattern atau pola kalimat dalam simple present yang sudah diajarkan sebelumnya. Aturan dan tata cara permainan terlebih dahulu disampaikan, apa saja yang tidak boleh dilakukan serta apa saja yang perlu dilakukan agar mendapatkan skor optimal. Selain memfasilitasi dan memotivasi siswa, saat eksperimen berlangsung guru melakukan supervisi, verifikasi dan evaluasi pada masing-masing kelompok. Guru dapat langsung menjelaskan, mengklarifikasi, serta memutuskan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan pra syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam permainan Scrabble. Dengan demikian semua siswa bisa terlibat aktif bagaimana mereka berkompetisi untuk mendapat skor tertinggi dengan cara cepat dan tepat.

Baca juga:   Belajar dari Rumah dengan Google Classroom dan WhatsApp

Media permainan Scrabble terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris pada materi simple present di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kajen, khususnya pada aspek kognitif dan afektif. (pkn1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Kajen, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya