Fun Make a Match dalam Mempelajari Fungsi Benda

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar Bahasa Inggris bagi siswa SMP tentunya bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi siswa kelas VII. Bagi mereka belajar Bahasa Inggris adalah hal baru karena kebanyakan dari mereka belum pernah belajar Bahasa Inggris di SD. Tentunya ini tidaklah mudah, baik bagi peserta didik maupun gurunya. Bagi guru Bahasa Inggris SMP tentunya ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya guru kelas VII, bagaimana caranya agar peserta didik mampu mengikuti pelajaran Bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, penulis sebagai guru harus bisa mencari metode yang tepat dalam mengajarkan Bahasa Inggris. Salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris materi kelas VII semester 2 tentang fungsi benda adalah metode make a match.

Metode make a match ini merupakan metode mencocokkan atau memasangkan kartu bergambar yang sesuai dengan pasangannnya. Metode make a match ini menggunakan media kertas bergambar yang bisa dicetak sendiri atau membeli kartu bergambar yang banyak dijual di toko. Penulis menerapkan metode ini di kelas VII.2 SMP Negeri 1 Wiradesa pada materi function of things. Sangatlah mudah dalam menggunakan metode ini namun memang membutuhkan persiapan berupa kartu bergambar.

Baca juga:   Peran Pendidikan Olahraga dalam Meningkatkan Nilai Akademik

Langkah-langkah dalam menggunakan metode ini: pertama, guru mempersiapkan kartu bergambar, yang bisa dicetak sendiri atau dengan membeli kartu bergambar yang ada di toko. Kedua, kelompokkan kartu bergambar tersebut menjadi dua kelompok sesuai dengan pasangan dari masing-masing gambar tersebut. Sebagai contoh, gambar dompet pasangannya dengan gambar uang. Ketiga, panggil beberapa peserta didik untuk maju, bagikan kartu bergambar tersebut secara acak. Keempat, minta mereka untuk membuka kartu tersebut, setelah itu mereka untuk mencari pasangan dari kartu bergambar tersebut sesuai dengan fungsinya. Kelima, setelah berpasangan, minta mereka untuk menyebutkan nama benda dari gambar beserta fungsi benda dari gambar tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Dengan metode ini secara tidak langsung membuat peserta didik mau menyebutkan kata dalam Bahasa Inggris dengan lebih santai, karena mereka sambil bermain. Selain menyebutkan secara lisan, mereka juga bisa menuliskan kata tersebut dalam Bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode make a match ini, peserta didik belajar kata benda dan kata kerja dalam Bahasa Inggris. Selain kata, mereka juga bisa membuat kalimat dalam Bahasa Inggris. Mereka lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris dengan suasana yang lebih menyenangkan tanpa merasa takut. Pengunaan metode make a match ini sangat efektif dalam pembelajaran fungsi benda di mapel Bahasa Inggris.

Baca juga:   Model VAK Efektif untuk Pembelajaran IPA

Dengan diterapkannnya metode make a match ini, peserta didik kelas VII.2 menjadi senang dan lebih bersemangat dalam belajar Bahasa Inggris. Suasana pembelajaranpun menjadi aktif dan menyenangkan, karena peserta didik menjadi antusias dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris pun bisa berjalan dengan aktif dan menyenangkan. (kdw1/aro)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya