Erase Pengantar Balok yang Baik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mendengar kata balok sudah pasti mengingat bangku sekolah dengan mata pelajaran matematika. Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Begitu banyak dalam kehidupan sehari-hari benda yang berbentuk balok, seperti es batu, penghapus, tempat pensil, dan lain sebagainya.

Erase merupakan salah satu perlengkapan alat tulis yang merupakan karet lembut yang mampu menghilangkan tanda yang dihasilkan dengan pensil. Penghapus disebut juga alat yang digunakan untuk menghapus coretan pensil dan kadang-kadang pena.

Pembelajaran matematika materi bangun ruang “Balok” di kelas 5 pada SDN 02 Wonorejo Kecamatan Kajen, siswa merasa kesulitan. Materi bangun ruang balok merupakan pembelajaran nyata tapi menjadi abstrak tanpa adanya media pembelajaran yang digunakan guru.

Seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran tentunya dengan berdasarkan prota, silabus, promes, dan tentunya rencana pelaksanaan pembelajaran. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tercantum media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Fungsi media pembelajaran adalah sebagai alat bantu bagi guru dalam pembelajaran untuk mempermudah guru menyampaikan materi.

Baca juga:   Jari-Jari Akuntansi Tingkatkan Hasil Pembelajaran Ekonomi SMA pada Materi Siklus Akuntansi

Untuk pemahaman Erase Pengantar Balok yang Baik, langkah-langkahnya sebagai berikut : pertama setiap siswa disuruh mengeluarkan erase, selanjunya guru menanyakan erase yang siswa punya berbentuk apa ? Tentunya siswa akan melihat erase punya sendiri dan punya temannya. Setelah siswa menjawab bentuk erase yang mereka punya, kemudian guru mengambil erase dari siswa yang berbentuk balok dengan catatan guru sudah mempersiapkan erase sendiri barangkali erase siswa tidak ada yang berbentuk balok. Kemudian guru menunjukkan erase pada siswa dengan tujuan siswa fokus memperhatikan erase yang dipegang guru. Guru menerangkan sifat-sifat balok seperti rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran sama panjang, setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran sama panjang. Setiap diagonal ruang pada balok memiliki ukuran sama panjang, setiap bidang diagonal pada balok memiliki bentuk persegi panjang.

Setelah siswa memahami sifat-sifat balok, kemudian guru melanjutkan dengan unsur-unsur balok. Masih menggunakan erase sebagai media pembelajaran, guru menjelaskan sisi balok yang berjumlah enam sisi sambil menunjukkan bagian sisi pada siswa. Tiga pasang sisi yang sama bentuk dan ukurannya.

Baca juga:   Akibat Perceraian Orang Tua Berdampak bagi Hidup Keagamaan Anak

Untuk menarik perhatian siswa, guru melontarkan pertanyaan mengenai apa itu rusuk ? Rusuk adalah garis potongan antar dua sisi bidang balok dan terlihat seperti kerangka, balok mempunyai 12 rusuk. Tidak lupa guru juga menunjukkan titik sudut yang terdapat pada balok berjumlah 8 titik sudut. Titik sudut adalah titik potongan antara dua atau tiga rusuk. Selanjutnya siswa membuat kesimpulan pada buku tulisnya mengenai balok, mulai dari sifat-sifat balok sampai unsur-unsur balok. Dengan demikian, siswa dapat memahami materi balok.

Ternyata erase mampu menjadi pengantar balok yang baik, Hal tersebut terbukti siswa lebih mudah memahami materi yang guru sampaikan, dengan bukti tugas yang diberikan oleh guru untuk menuliskan tentang sifat dan unsur-unsur balok di buku dapat dilakukan dengan baik oleh para siswa. (kdw1/ton)

Guru SDN 02 Wonorejo Kecamatan Kajen

Author

Populer

Lainnya