Kegiatan Pengembangan Diri Dongkrak Prestasi Olahraga

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENGEMBANGAN diri meliputi kegiatan mengembangkan bakat, potensi dan minat sehingga tercapai cita-cita. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.

Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri lebih banyak dilakukan di luar jam reguler (jam efektif), melalui berbagai jenis kegiatan pengembangan diri. Salah satunya dapat disalurkan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan sekolah, di bawah bimbingan pembina ekstrakurikuler terkait, baik pembina dari unsur sekolah maupun luar sekolah.

Di bawah bimbingan guru maupun orang lain yang memiliki kompetensi di bidangnya, kegiatan pengembangan diri dapat pula dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di luar jam efektif yang bersifat temporer, seperti mengadakan diskusi kelompok, permainan kelompok, bimbingan kelompok, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat kelompok. Selain dilakukan melalui kegiatan yang bersifat kelompok, kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan pula melalui kegiatan mandiri, misalnya seorang peserta didik diberi tugas untuk mengkaji buku, mengunjungi nara sumber atau mengunjungi suatu tempat tertentu untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan diri peserta didik itu sendiri.

Baca juga:   Pembelajaran Berbasis Proyek Tingkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan

Selain kegiatan di luar kelas, dalam hal-hal tertentu kegiatan pengembangan diri bisa saja dilakukan secara klasikal dalam jam efektif, namun seyogyanya hal ini tidak dijadikan andalan, karena bagaimana pun dalam pendekatan klasikal kesempatan peserta didik untuk dapat mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minatnya relatif terbatasi. Hal ini tentu saja akan menjadi kurang relevan dengan tujuan dari pengembangan diri itu sendiri sebagaimana tersurat dalam rumusan tentang pengembangan diri di atas.

Kegiatan pengembangan diri harus memperhatikan prinsip keragaman individu. Secara psikologis, setiap peserta didik memiliki kebutuhan, bakat dan minat serta karakateristik lainnya yang beragam. Oleh karena itu, bentuk kegiatan pengembangan diri pun seyogyanya dapat menyediakan beragam pilihan.

Pengembangan diri di sekolah merupakan salah satu komponen penting dari struktur Kurikulum yang diarahkan guna terbentuknya keyakinan, sikap, perasaan dan cita-cita para peserta didik yang realistis, sehingga pada gilirannya dapat mengantarkan peserta didik untuk memiliki kepribadian yang sehat dan utuh.

Pengembangan diri yang yang dikemas dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kandeman sangatlah variatif, baik akademik maupun non akademik diantaranya adalah KSN, PKS, PMR, BTQ, Menjahit, Seni, Story Telling, Sangar Bahasa, TIK, Rebana, tentunya diluar kegiatan kepramukaan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dan yang paling banyak digemari adalah ekstrakurikuler dalam bidang olahraga Atletik, Bola Voli, Basket, Sepak Bola, Pencak Silat, Taekwondo, Catur. SMP Negeri 1 Kandeman memiliki keunggulan di bidang Olahraga dengan label sebagai sekolah olaharaga, sudah banyak kejuaraan tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional yang diraih sejak sekolah berdiri. Kegiatan extrakurikuler olahraga yang intensif dilaksanakan seminggu tigakali dan lebih diintesifkan mendekati perlombaan. Dan mampu mencetak bibit atlit berbakat yang lahir dari kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan bimbingan tangan dingin pembinanya dengan telaten dan menanamkan pola kedisiplinan.

Baca juga:   Belajar IPS Menyenangkan dengan Minibook

Kegiatan ekstrakurikuler yang rutin dilaksanakan di sekolah mampu mendongkrak prestasi sekolah, terutama dalam bidang olahraga. (pkn2/zal)

Kepala SMPN 1 Kandeman

Author

Populer

Lainnya