Belajar Asik Pelaku Ekonomi dengan Teka Teki Silang

spot_img

RADARSEMARANG.ID, VISI pendidikan nasional adalah terwujudnya system pendidikan sebagai pranata social yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembnag menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah. ( Depdiknas dalam Uus Toharudin (2011: 27). Terkait dengan visi pendidikan nasional maka ditetapkan prinsip- prinsip penyelenggaraan pendidikan untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan reformasi pendidikan. Salah satu prinsipnya adalah pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudidayaan dan pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang hayat. Di dalam prose belajar, diperlukan guru yang sangat professional dalam bidangnya. Pembeljaran adalah proses interaksi siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar ( Rusnan, 2012: 5)

Tujuan dari pelajaran IPS adalah memberikan pengetahuan untuk menjadikan siswa menjadi warga Negara yang baik dan sadar akan ciptaan Tuhan, mengembangkan kemampuan berfikir, melatih untuk belajar mandiri, mengembangkan kecerdasan kebiasaab dan ketrampilan social.

Jadi pada proses selanjutnya kita bisa melihat keberhasilan dari sebuah proses pembelajaran tidaklah terlepas dari peran serta dan kemampuan dari seorang guru dalam mengembangkan model- model pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang arahnya pada apeningkatan belajar siswa dalam sebuah proses belajar mengajar. Maka dari itu untuk dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang efektif maka setiap guru diharukan memiliki sebuah pengetahuan model belajar mengajar. Pembelajaran IPS harusnya merupakan hal yang menarik, karena materinya tentang pelaku ekonomi bersentuhan secara langsung dengan keluarga atau masyarakat. Pada waktu pembelajaran masih ada bebebrapa siswa yang pasif untuk menerima pembelajaran bahkan ada rasa bosan dengan model pembelajaran yang itu- itu saja.

Baca juga:   Belajar Efektif Peran Pelaku Ekonomi dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar

Dengan adanya masalah itu guru akan mencari metode pembelajaran yang tepat yaitu Dalam bab pelaku ekonomi akan di coba dengan menggunakan metode JOy learning menggunakan Teka- teki silang. Teka teki silang ini sudah biasa kita dengar dalam kehidupan sehari- hari di masyarakat. Teka teki silang snagat mengasah otak bagi yang mengerjakannya. ternyata teka- teki silang ini bukan hanya orang dewasa saja tetapi anak- anak juga bisa mengisi teka teki silang ini dengan materi belajar. Metode teka eki silang merupakan susunan tes peninjauan kembali pada bentuk pertanyaan yang dapat mengundang minat dan pertisipasipeserta didik. Teka teki silang ini bisa disi perorangan atau kelompok. Teka teki silang adlah satu metode pembelajaran aktif bagi peserta didik yang melibatkan semua peserta didik untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi Teka Teki silang sehingga peserta didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajran.

Langkah – langkah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle atau teka-teki silang antara lain: Langkah pertama adalah mencurahkan gagasan (brainstorming) beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan pelajaran studi yang telah anda selesaikan. Susunlah teka-teki silang sederhana, yang mencakup item-item sebanyak yang anda dapat. Bagikan teka-teki kepada peserta didik dengan berkelompok atau individu. Masukan kata yang beresuaian dengan panjang kotak yang tersedia secara berkesinambungan sampai seluruh kotak terisi penuh. Aturan pengisian kata-kata tersebut berhubungan dengan penyamaan jumlah karakter pada pengisian kata-kata kedalam kotak teka-teki. Isilah teka-teki tersebut secara mendatar ataupun menurun. Tentukan batasan waktu. Beri hadiah kepada individu atau kelompok yang mengerjakan paling cepat dan benar. Dengan demikian penerapan media Teka- Teki Silang dalam proses pembelajaran Pelaku Ekonomi kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas, antusias, dan kondusif. Lebih jauh penerapan media sejalan dengan tujuan pembelajaran IPS agar mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain jujur dan percaya diri. (ug1/zal)

Baca juga:   Belajar Pelayanan Publik Perbankan di Bank Mini “Asyariah Ceria”

Guru IPS SMPN 11 Semarang

Author

Populer

Lainnya