Belajar UUD NRI Tahun 1945 Menggunakan Team Quiz

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik adalah hal yang sangat sulit bagi setiap guru. Supaya motivasi belajar peserta didik bisa muncul dengan sendirinya maka seorang guru harus pandai dan pinter dalam mencari dan memilih model – model pembelajaran.

Penulis akan memaparkan bagaimana menumbuhkan motivasi belajar peserta didik belajar makna Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan menggunakan Model Team Quiz. Model Team Quiz adalah salah satu model pembelajaran yang yang digunakan seorang guru dalam meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik dalam membuat, menjawab, membahas dan mengarahkan untuk menyelesaikan suatu pertanyaan – pertanyaan dalam kondisi dan situasi belajar yang lebih menyenangkan.

Langkah – langkah pembelajaran menggunakan Model Team Quiz yaitu memilih materi dan disampaikan dalam tiga bagian. Bagi peserta didik menjadi tiga kelompok yaitu A , B dan C atau dengan nama pahlawan sesuai dengan mata pelajaran. Guru menyampaikan kepada peserta didik strategi pembelajaran dengan menggunakan model tersebut. Guru menyampaikan materi secara garis besarnya saja. Setelah penyampaian materi, minta kelompok A menyiapkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan. Kelompok B dan C menggunakan waktu ini untuk melihat kembali catatan kelompok A. Mintalah kepada kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertanyaan,lempar pertanyaan tersebut kepada kelompok C.

Baca juga:   Cooperative Script Tingkatkan Menulis Teks Deskripsi

Implementasi langkah – langkah pembelajaran model Team Quiz dalam Mata Pelajaran PPKn Materi Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu Guru menyampaikan materi tentang fungsi, kedudukan dan makna Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945secara garis besarnya. Peserta didik disuruh membaca kembali untuk pemahaman materi lebih lanjut. Kelas dibagi menjadi 3 kelompok. Kesempatan pertama adalah kelompok A untuk membuat pertanyaan tentang fungsi. Pertanyaan diberikan kepada Kelompok B untuk menjawab. Jika kelompok B belum mampu berikan kepada kelompok C, begitu seterusnya. Terakhir guru bersama peserta didik menyimpulkan proses pembelajaran pada hari tersebut.

Dengan penggunaan model pembelajaran Team Quiz peserta didik akan lebih bersemangat dalam belajar karena dengan model tersebut peserta didik diberikan kekuasaan sepenuhnya untuk mengembangkan kreativitas dalam belajar. Model tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya secara bebas dan penuh tanggung jawab.

Kondisi pembelajaran yang menyenangkan serta memberikan kepercayaan sepenuhmya kepada peserta didik dalam mengembangkan percaya diri dan potensi yang ada pada mereka , akan membuat mereka lebih nyaman untuk belajar yang akhirnya dengan kondisi tersebut akan menumbuhkan korelasi yang signifikan terhadap hasil prestasi para peserta didik.
Semoga apa yang penulis uraian diatas tentang proses pembelajaran Mata pelajara PPKn materi Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Quiz akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri pada khususnya dan bagi orang lain pada umumnya. Dan model pembelajaran tersebut diatas bisa digunakan pada mata pelajaran apapun. (ipa1/ton)

Baca juga:   Tingkatkan Semangat Belajar Matematika dengan Ice Breaking

Guru PPKn SMP Negeri 9 Semarang

Author

Populer

Lainnya