Sekolah Cantik jadi Modal Kreatif

spot_img

RADARSEMARANG.ID, LINGKUNGAN sekolah yang bersih, hijau, asri dan indah adalah idaman semua warga sekolah. Rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah sangatlah penting terutama masalah sampah. Seperti yang terjadi di lingkungan SDN Siberuk Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Terlihat halaman depan sekolah, di samping kelas, di laci, di pojok kelas apa lagi di lahan kosong yang seharusnya menjadi taman yang indah dan sejuk untuk menghilangkan rasa jenuh atau penat serta dapat memberikan berbagai inspirasi. Ini sebagai sumber pembelajaran siswa, bahkan bisa untuk sekedar selfie-selfie. Tapi kenyataannya, lahan kosong yang penuh timbunan sampah berserakan, banyak pot bunga berisi tanaman layu dan kering, tumpukan genting bekas berserakan tanpa aturan, meja kursi rusak ikut nimbrung di lokasi tersebut. Akibatnya, terlihat kumuh dan sangat menyedihkan.

Minimnya tanaman peneduh dan bunga terasa gersang dan panas membuat tidak nyaman. Kebersihan makin tidak dipedulikan oleh para siswa. Meskipun sudah disediakan tempat sampah di setiap depan kelas, slogan-slogan imbauan menjaga kebersihan di dinding sekolah tapi tetap tidak dihiraukan. Hal ini sangat mengganggu pemandangan, menimbulkan bau menyengat hidung, munculnya berbagai penyakit dan sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Baca juga:   Tingkatkan Semangat Belajar Matematika dengan Ice Breaking

Dengan latar belakang di atas, penulis bersama guru membuat program dan kebijakan yang bisa berdampak pada kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah bebas dari sampah. Yaitu dengan cara, pertama, pembiasaan membuang sampah pada tempatnya dan liat sampah ambil (lisa) yang dilakukan setiap hari sebelum pelajaran, saat istirahat maupun sesudah jam pelajaran dengan pengawasan guru kelas masing-masing. Kedua, kegiatan Jumat Bersih. Cara sederhana untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya kebersihan dengan mengajak siswa membersihkan lingkungan sekolah secara serentak bersama-sama dari kelas 1 sampai kelas 6 dipandu guru kelasnya.

Untuk cara ini, memang benar sampah semakin berkurang dan kebersihan mulai terjaga. Sampah yang terkumpul dipisahkan, sampah organik dan non organik. Sampah organik dimasukkan ke lubang sampah ditimbun tanah dijadikan pupuk.

Berikut masalah lahan yang kosong, pihak sekolah mengadakan kegiatan Bersih Lingkungan dan Penghijauan. Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis bunga, tanaman hias dan dibuat taman sekolah mini. Semua guru terlibat menanam tanaman bersama siswa, baik di lahan yang kosong maupun di depan kelas dengan semangat mempercantik lingkungan sekolah. Dengan memanfaatkan limbah bekas botol minuman, bekas ember cat dan lainnya dijadikan pot bunga dicat aneka warna. Sebagian besar siswa antusias membawa bekas botol minuman yang ada di rumahnya tanpa diperintah guru serta siswa mulai peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan sekolahnya.

Baca juga:   Ungkapan Sehari-hari Berbahasa Inggris dengan CTL Efektif bagi Siswa di Masa Pandemi

Ternyata permasalahan sampah dan lahan kosong yang terjadi di SDN Siberuk dapat terselesaikan. Sekolah terlihat bersih, hijau dengan bunga bermekaran gemericik air pancuran kecil menambah suasana sejuk dan nyaman. Itu karena para siswa terjun langsung membersihkan lingkungan dan ikut menanam tanaman penghijauan di sekolah, bahkan melihat kepala sekolah dan para guru mereka juga ikut terlibat. Maka tidak heran, apabila mereka sadar dan peduli lingkungan. Jadi menjaga lingkungan sekolah bukan hanya tugas dari penjaga sekolah saja, tapi semua warga sekolah termasuk siswa, guru dan tenaga kependidikan. Sekolah cantik hanya perlu modal kreatif guru. Karena guru adalah panutan bagi para siswa siswinya. Kebersihan, penghijauan dan keindahan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting, maka pihak sekolah harus dan terus berupaya melatih kebiasaan para siswa agar selalu peduli terhadap lingkungan dengan cara memulai dari hal terkecil yang terlihat di sekitar kita. (pkn1/ida)

Kepala SDN Siberuk Kecamatan Tulis Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya