Belajar Matematika Asyik dengan Metode Likan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Selama ini, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik. Padahal sebenarnya matematika adalah mata pelajaran yang paling mengasyikkan dan menarik. Karena kita sebenarnya mempelajari ilmu pasti dan ilmu yang selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis sebagai guru SD Negeri 2 Klinting, Korwilcam Dinas Pendidikan Somagede, Kabupaten Banyumas biasa menerapkan metode Likan atau Lihat Kerjakan dalam pelajaran matematika. Lihat adalah model mengajar yang menggunakan cara untuk memperjelas sesuatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.

Langkah pelaksanaan memperlihatkan dengan kegiatan yang merangsang peserta didik untuk berpikir. Misalnya, dengan memperlihatkan contoh soal dan cara penyelesaian, sehingga mendorong peserta didik untuk memperhatikan dengan cara saksama dan detail. Ciptakan suasana yang menyejukkan dan hindari suasana yang menegangkan.

Kita harus berpikir positif bahwa peserta didik mengikuti semua penyampaian guru yang berkaitan dengan contoh soal dan penyelesaian. Berikan kesempatan pada peserta didik untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses pembelajaran. Apabila pembelajaran memperlihatkan selesai dilakukan, maka proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan penugasan yang ada kaitannya dengan pelaksanaan memperlihatkan dan proses pencapaian tujuan pembelajaran.

Baca juga:   Talking Stick Tingkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang

Di samping proses melihat, juga yang menjadi program utama adalah proses kerjakan. Kerjakan menurut KBBI adalah buat, kerjakan, lakukan, bikin, bagi, untuk. Jadi, dapat digabungkan dengan mata pelajaran matematika, di mana matematika identik dengan latihan soal-soal untuk lebih memperdalam penguasaan rumus dan metode penyelesaian soal.

Dikaitkan dengan kata kerjakan di sini dimaksudkan bahwa jika guru selesai menerangkan dan memberi contoh soal diharapkan siswa sudah mampu dan memahami cara penyelesaian, sehingga biasanya guru akan memberikan latihan-latihan soal dan diharapkan siswa dapat meyelesaikan soal-soal tersebut dengan baik. Jadi impian untuk lebih cerdas menyelesaikan soal adalah jika dapat soal latihan harus langsung dikerjakan. Jika dapat soal lagi harus langsung dikerjakan. Itu adalah cara yang sungguh jitu untuk pintar.

Cara pembelajaran dengan metode Likan adalah suatu cara mengajar di mana siswa melakukan suatu proses melihat dan mengerjakan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil penglihatannya, kemudian hasil penglihatannya itu diterapkan langsung dalam bentuk latihan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Hasil pekerjaan itu langsung dievaluasi oleh guru.

Baca juga:   Model Segiempat Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Setiap kegiatan Likan harus dilakukan secara sistemik dan sistematis, dimulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, kajian hasil dan laporan. Likan dilakukan perorangan di dalam kelas, di luar kelas atau di mana sasa yang memang dianggap santai dan tempatnya memenuhi syarat untuk pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya, metode Likan digunakan secara gembira dan santai. Karena diharapkan dengan suasana yang gembira, peserta didik dapat dengan santai menyelesaikan materi-materi soal yang diberikan oleh guru. Pembelajaran matematika dengan Likan dapat menepis persepsi bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan paling dijauhi oleh siswa.

Dengan belajar matematika model ini diharapkan dapat memberikan rangsangan pada siswa untuk lebih menyukai mata pelajaran matematika. Karena dengan Likan, siswa terlibat langsung dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam Likan, siswa melakukan, mengerjakan, mengamati dan menyelesaikan langsung soal dengan mantap dan gembira. Dengan terlibat langsung, siswa akan cenderung lebih memahami suatu materi dan akan selalu mengingat materi tersebut. (*)

Guru SD Negeri 2 Klinting, Korwilcam Dinas Pendidikan Somagede, Kabupaten Banyumas

Author

Populer

Lainnya