Lengkung Tanda Panah: Langkah Cepat Menulis Aksara Jawa

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BANYAK orang menganggap menulis dengan aksara jawa adalah hal susah. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi siapa pun yang memahami cara menulis dengan cara cepat. Ada langkah cepat yang dapat diterapkan agar dapat lancar menulis dengan aksara jawa. Dengan mampu menulis dengan benar berimbas pula dengan mampu membaca tepat tulisan beraksara jawa. Langkah cepat ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan tanda panah lengkung untuk menunjuk letak pasangan aksara jawa dimana seharusnya berada dan pasangan aksara jawa yang benar digunakan.

Melakukan proses pendidikan sesuai dengan amanat Undang-undang memerlukan banyak pekerjaan dan keterlibatan dari komponen pembelajaran salah satunya adalah guru. Seorang guru dituntut untuk merancang proses pembelajaran dengan menghadirkan suasana belajar yang tepat agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, efisien dan menyenangkan. Guru sebagai pelaksana pendidikan harus mampu menyiapkan pembelajaran yang tepat melalui model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik sehingga mencapai kompetensi minimal yang telah ditentukan dan menghadirkan pembaharuan dalam proses pembelajaran untuk peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal ini dalam pembelajaran guru bisa menggunakan berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Baca juga:   Upaya Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Dalam pembelajaran menulis aksara jawa sering terjadi hasil tidak memuaskan bahkan peserta didik malah merasa bingung. Belajar menulis dengan aksara jawa tidaklah sesukar seperti anggapan banyak orang. Meskipun aksara jawa identik aksara khas orang jawa tetapi orang yang bukan asli jawa pun dapat menguasai untuk menulis dengan benar dan berimbas pula dengan mampu membaca dengan tepat. Kunci untuk dapat menulis dengan cepat dan benar tulisan beraksara jawa adalah paham betul langkah praktis sehingga siapa pun orangnya akan dengan mudah menguasai penulisan aksara jawa itu.

Model lengkung tanda panah merupakan salah satu model yang sangat sederhana dan sangat menyenangkan bagi peserta didik. Banyak peserta didik jaman sekarang yang kesulitan untuk menulis menggunakan aksara jawa. Dengan model “Lengkung Tanda Panah” ini diprediksi peserta didik dapat menulis dengan aksara jawa dalam waktu singkat dan hanya dengan sekitar tiga hingga lima contoh saja.

Wujud model Lengkung Tanda Panah ini sesuai dengan namanya yaitu tanda panah kecil melengkung yang menghubungkan sekaligus menunjukkan aksara jawa dan pasangannya yang tepat dan secara detail sehingga betul dalam penulisan. Model ini dapat digunakan secara manual atau dengan teknologi modern.
Belajar menulis dengan aksara jawa tidaklah sesukar seperti anggapan banyak orang. Meskipun aksara jawa identik aksara khas orang jawa tetapi orang yang bukan asli jawa pun dapat menguasai untuk menulis dengan benar dan berimbas mampu membaca dengan tepat. Kunci untuk dapat menulis dengan cepat dan benar tulisan beraksara jawa adalah paham betul langkah praktisnya sehingga siapa pun orangnya akan dengan mudah menguasai penulisan aksara jawa itu. (pm1/bas)

Baca juga:   Mudah Pahami Tekanan Gas dengan Cuka dan Soda Kue

Guru Bahasa Jawa SMK Negeri 1 Petarukan

Author

Populer

Lainnya