Belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dengan Peer Teaching

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada proses belajar mengajar di kelas, seringkali ada siswa yang kurang memperhatikan guru. Karena pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak terutama di SMKN Tembarak adalah mata pelajaran yang bisa dibilang sulit dan perlu kreativitas. Untuk itu perlu adanya upaya untuk menarik siswa agar tertarik mempelajarinya.

HTML merupakan salah satu materi pelajaran yang terdapat dalam Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Banyak siswa yang masih kesulitan memahami konsep HTML. Beberapa faktor yang menjadi kendala siswa dalam mempelajari HTML, di antaranya saat akan praktikum, karena keterbatasan alat. Sehingga, pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah dan  praktiknya bergiliran. Akibatnya siswa kurang waktu untuk praktik dan berdampak kurang bersemangat dalam belajar.  Akhirnya akan berdampak pada nilai rerata siswa.

Maka dibutuhkan upaya untuk meningkatkan dan mengefektifkan belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak agar nilai siswa meningkat. Yakni dengan pendekatan teman sebaya (peer teaching).

Dengan pendekatan teman sebaya ini merupakan salah satu teknik belajar aktif, Menurut Silberman (2000:157), mengajar teman sebaya merupakan salah satu cara untuk mematangkan penguasaan siswa terhadap suatu mapel tertentu. Siswa akan lebih mudah memahami dan lebih bisa saling berinteraksi antarsiswa.

Baca juga:   Think-Share-Solo Tingkatkan  Pemahaman Baca Aksara Jawa

Seperti yang disampaikan Widodo (1997:12) bahwa proses belajar tidak harus berasal dari guru. Siswa bisa saling mengajar dengan siswa yang lainnya. Sehingga tujuan kebermaknaan pembelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dapat tercapai.

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan peer teaching secara langsung memberikan latihan kepada siswa untuk dapat berbagi pengetahuan, gagasan, dan pengalaman masing-masing. Dengan peer teaching mendorong siswa untuk mengatur dan menguraikan apa yang telah mereka pelajari dan membahas bersama di samping untuk menjelaskan materi kepada yang lainnya.

Selain itu,  peer teaching dapat mempertinggi ikatan sosial pada diri siswa dalam kegiatan belajar, meningkatkan kerja sama, kreativitas, eksperimentasi, kemampuan memecahkan masalah dan mempelajari alur atau konsep..

Membuat suasana belajar yang menyenangkan  untuk siswa merupakan salah satu tujuan pembelajaran. Pembelajaran peer teaching ini cocok digunakan untuk mengefektifkan belajar siswa dalam mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Siswa diberi kesempatan untuk berkreatif dalam menyalurkan apresiasi pengetahuannya, berinteraksi dengan siswa lain. Siswa dapat belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dalam suasana yang menyenangkan.

Guru memberikan metode kepada siswa mengenai langkah yang akan dilalui. Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa secara merata (tiap kelompok hampir merata tingkat kecerdasan siswanya). Siswa belajar bersama-sama dengan teman sekelompok serta berbagi pengetahuan, gagasan, dan pengalaman masing-masing.

Baca juga:   Kebahagiaan Belajar Menulis Puisi dengan Media Film

Setiap anggota kelompok dituntut memberikan tanggapan dan pendapat mereka sendiri yang nantinya akan disatukan dalam satu kesimpulan. Kemudian salah satu anggota kelompok secara bergiliran mengajarkan atau mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas di hadapan seluruh kelompok.

Dengan peer teaching yang diterapkan pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak materi HTML menunjukkan peningkatan aktivitas belajar, ini dapat dilihat dari banyaknya siswa SMKN Tembarak yang antusias saat menerima materi dan aktif menjelaskan ke teman ataupun ke kelompok yang lain. Siswa-siswa merasa senang dan mudah memahami konsep HTML yang baru dipelajari. Ini berdampak  pada hasil belajar siswa.

Penerapan peer teaching pada pembelajaran akan meningkatkan kreativitas siswa dan meningkatkan pengetahuan serta hasil rerata siswa tersebut. Membekali siswa dengan peer teaching dapat meningkatkan kreativitas dan pengetahuan siswa. (*/lis)

Guru Produktif RPL SMK Negeri Tembarak, Kabupaten Temanggung

Author

Populer

Lainnya