Perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) sudah usai. Tetapi, Cinta Laura Keihl masih menjadi bahan rumpian hingga sekarang (17/8). Terutama di media sosial. 

 

Timbul pro dan kontra dalam acara itu. Di antaranya protes salah satu ormas ke Cinta. Apalagi kalau bukan aurat. Saat tampil di acara tersebut Cinta dianggap mengumbar aurat.

Pada kegiatan yang berlangsung Sabtu (4/8) itu, Cinta memang tampil sebagai model. Kala itu, ia mengenakan pakaian adat Dayak. Dari Kalimantan Timur. Namanya Hudoq.

 

Aksi Cinta Laura itu bisa kita tengok dalam video di kanal YouTube Rahmad Kurniawan. Video yang diposting sejak Kamis (8/8) itu telah ditonton 741 ribu kali. Dengan dengan 2.084 komentar.

 

Hingga kemarin (16/8), netizen masih banyak yang berkomentar di video itu. Kebanyakan mereka justru mendukung pelaksanaan JFC dan Cinta Laura. 

Seperti disampaikan Riska Fita. Dia menilai, Cinta tidak seperti yang diprotes itu. .

 

”Bangga sekali rasanya jadi org Indonesia. Menurut saya Cinta Laura tidak terlalu vulgar. Pokoknya mantuuuuulll dah Indonesiaku,” tulisnya.

 

Dukungan kepada Cinta juga disampaikan A&A Lifetime Enterprise. Dia mengaku heran mengapa Cinta sampai dikritik dalam acara tersebut.

 

”Itu kan art. Dan baju traditional orang Jawa dulu malah kemben, hello….” tulisnya.

 

Pujian untuk acara itu juga disampaikan Harun Syarif. Dia menilai kegiatan itu luar biasa.

 

”Ini lebih keren dari Victoria Secret Fashion Show. Fantastic,” tulisnya.

 

Justru ibunya Cinta yang tidak mau ribut. Dia tidak mau aksi anaknya menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Ibu Cinta Laura Herdina Kiehl meminta maaf kepada ormas itu. Dia mengatakan, putrinya hanya berusaha mempromosikan pariwisata Indonesia. 

 

Dalam tulisan ini, saya bukan ingin mengomentari kontroversi tersebut. Saya tertarik menulis Cinta, karena hari ini (17/8) dia juga  berulang tahun yang ke-26. 

Saya sangat tertarik dengan komentarnya tentang Indonesia. Yang tayang di kanal YouTube Fimela Media pada hari Jumat lalu (16/8).

 

Dalam video itu, Cinta mengaku bakal sedih ketika Indonesia tidak menjadi negara yang toleran lagi. Apalagi kalau sampai budayanya hilang.

 

Menurut dia Indonesia adalah negara yang sangat unik dengan orang-orang yang sangat ramah. 

 

“Yang bikin Indonesia spesial adalah kepedulian orang-orangnya satu sama lain. Dan di negara ini, meskipun tidak kenal, orang selalu ingin berusaha membantu orang lainnya,“ kata dia.

 

Ucapan Cinta dalam videonya itu benar. Di momentum HUT RI ini, seluruh rakyat Indonesia memang harus meningkatkan kembali toleransinya. 

 

Tentu saya juga mengucapkan selamat ulang untuk Bapak Dahlan Iskan. Saya pernah mengikuti pendidikan jurnalistik tingkat lanjut. Selama 15 hari.

Pesertanya hanya 15 orang. Pengajarnya tunggal: ya beliau itu. 

Cinta Laura Keihl, selamat ultah juga ya.(wirahadikusumah)