Enzo 10 Juta

  • Bagikan

Namanya Enzo Zenz Allie. Pemuda 18 tahun ini mendadak viral. Beberapa hari ini. 

 

Itu setelah ia berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Menggunakan bahasa Prancis.

 

Enzo baru saja lulus tes calon taruna Akademi Militer (Akmil TNI) tahun 2019.

Lebih dari 550 ribu kali video pembicaraan itu ditonton di YouTube.

 

Pemuda blasteran Prancis ini menjadi lebih viral lagi. Setelah ia menjadi pemberitaan hangat di media massa. 

 

Tak lama setelah video percakapannya dengan Panglima TNI menyebar, ia diisukan terpapar dan berafiliasi paham Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ormas yang dibubarkan pemerintah pada 2017. 

 

Isu ini berawal dari foto dalam akun Facebook Enzo Allie. Yang memperlihatkan pemuda ini membawa tas ransel dan bendera tauhid (Ar-Rayah). Di punggungnya. Bendera seperti itu dianggap sebagian orang mengasosiasikan sebagai bendera HTI. 

 

Pembicaraan medsos tersebut juga membuat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof. Mahfud M.D., bikin sayembara. Anggota Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu mengumumkan di akun media sosialnya pada Senin (12/8/2019): bagi siapa pun yang memiliki bukti dirinya pernah mempersoalkan bendera tauhid akan diberi uang Rp10 juta.

Sayembara berlaku hingga 17 Agustus 2019, pukul 18.00 WIB  

 

Sayembara Mahfud ini disampaikan setelah pernyataannya soal Enzo Zenz Allie diberitakan sejumlah media online. Berita itu membuat mantan menteri pertahanan ini menuai banyak kecaman netizen.

 

Berita itu berawal dari dirinya menjawab pertanyaan wartawan. Yang terkait dengan menjelaskan Enzo diterima di Akmil TNI. 

 

Diberitakan juga Enzo terpapar radikalisme. Terkait kalimat ‘lailahaillah’ dalam huruf Arab di ransel itu. 

 

Saat diwawancara itu Mahfud menjawab, jika isu itu benar, mungkin saja TNI kecolongan. 

 

Tetapi sepengetahuan Mahfud, seleksi masuk TNI sangat ketat, dilacak sampai ke keluarga, termasuk ibunya, dan kakeknya. Artinya, jika benar kecolongan, dia menyarankan dipecat saja, karena prasyaratnya tak terpenuhi. 

  • Bagikan