Hijrah Sang Gitaris

  • Bagikan

Ia gitaris terkemuka. Namanya tidak bisa dipisahkan dari NOAH: Mohammad Kautsar Hikmat. Panghilannya: Uki. 

Instagram Uki viral.

Jagat musik pun kaget. Uki menyatakan “menggantung gitar”. Tidak akan lagi berkiprah di dunia musik. Yang telah membesarkan namanya. 

NOAH ia tinggalkan. 

Gitar ia gantung. 

Ingar-bingar musik hanya menjadi masa lalu ya. 

Uki lagi menyiapkan hijrah. Pindah hidup. Dari dunia musik ke dunia lain: agama. 

Sudah banyak kabar yang menyatakan ia akan hijrah beneran. Lebih mendalami agama. Uki diketahui pernah mendatangi kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Di Jember, Jawa Timur. Melalui Instagram-nya, belakangan Uki juga sering mem-posting hal-hal yang berisi dakwah. 

 

Keputusan Uki itu menyita perhatian pecinta musik di negeri ini. Tulisan panjang tentang pengunduran dirinya sudah di-posting di Instagram-nya. Hingga Kamis 15 Agustus 2019 pukul 12.50, unggahan itu disukai 108.221 pengguna Instagram. Ada pula 9.843 komentar.

 

Belum ada komentar dari akun Ariel (@ariel_inst). Sejawatnya di NOAH. Juga teman sekolahnya ketika di SMP. 

 

Heboh hijrahnya Uki ini masuk dalam salah satu daftar pencarian tertinggi di Google Trend. Beberapa keyword terkait Uki pun muncul di Google Suggestion.

Uki tidak ragu sedikit pun dengan hijrahnya. Meski perjuangan Uki untuk sukses di dunia musik sangat panjang. Sejarahnya pun ternyata cukup menarik. Informasi yang dikutip dari wikipedia.org, Uki besar dalam keluarga terpelajar. Ayahnya bernama Hikmat Iskandar. Dosen tamu di Institut Teknologi Bandung. 

 

Saat akan mengambil gelar Doktor, ayahnya memboyong Uki ke Australia. Tinggal di negeri kanguru itu selama empat tahun. Ayahnya itu yang mengarahkannya untuk kuliah di Fakultas Teknik Sipil. Agar bisa mengikuti jejaknya sebagai ahli infrastruktur transportasi.  

 

Namun, Hikmat akhirnya mengetahui: Uki memiliki jiwa seni. Saat berulang tahun ke-15, Uki dihadiahi gitar. Hikmat juga yang mengenalkan Uki kunci-kunci dasar gitar. Sampai Uki punya kemampuan memetik senar. Ditambah lagi dari lingkungan pergaulannya.

  • Bagikan