Lelaki Pertamaku, Kumpulan Cerita Perempuan Tentang Ayah

  • Bagikan

SEKUMPULAN penulis yang tergabung dalam komunitas Hidup Ini Indah Beib (HIIB) kembali menerbitkan buku. Labelnya kali ini, Lelaki Pertamaku. Buku itu berkisah tentang ayah-ayah yang tidak akan terlupakan.

THORIQ KARIM, Surabaya

Sederet nama tampak pada salah satu halaman di buku berjudul Lelaki Pertamaku. Ada 26 nama yang tertulis. Mulai dokter, ibu rumah tangga, desainer, hingga perempuan yang masih berstatus pelajar. Masing-masing punya cerita tentang kehidupan bersama sang ayah.

Ada cerita sedih, ada pula yang cukup konyol. Misalnya, pengalaman yang diceritakan Made Ayu Nita Trisna Dewi. Di buku itu, namanya tertulis Ayu Trisna, perempuan penikmat puisi dan freelance copywriter.

Dalam buku tersebut, Ayu bercerita tentang permohonan maaf yang belum sempat terucap untuk sang ayah. Ayu mengatakan, dirinya sering menitipkan anak-anak ke Nyoman Naya Sujana, bapaknya. Tentu, sang ayah tak pernah berkeberatan Suatu hari, Ayu datang untuk menjemput anak-anaknya. Mendiang Nyoman kemudian menasihati Ayu tentang mendidik anak. Tapi, apa yang dikatakan Nyoman menyinggung perasaan Ayu. ”Saya bertengkar hebat dengan bapak,” kata perempuan kelahiran Negara, Bali, tersebut.

Dia pulang dengan perasaan dongkol. Dia merasa bapaknya seolah-olah sudah menjadi manusia yang paling benar. Memang, semasa kecil, Ayu jarang bertemu dengan ayahnya. Nyoman selalu sibuk dengan pekerjaannya. Terutama yang menyangkut bidang pendidikan. Intensitas bertemu dengan anak pun kurang. ”Itu yang membuat saya kurang banyak berinteraksi dengan bapak,” ucap dia.

Tetapi, kedongkolan itu berubah menjadi rasa penyesalan. Mengapa harus cekcok dengan orang tua? Tanyanya saat itu. ”Saya hanya menangis dengan berbagai perasaan,” kenang Ayu.

Perasaan kesal itu pun lenyap seiring berjalannya waktu. Ayu berniat untuk meminta maaf kepada sang ayah. Tetapi, permintaan maaf itu tidak sempat terucap. ”Pada Juli 2010 itu bapak ke Bali karena ada keperluan. Saya niat minta maaf kalau bapak pulang saja,” papar Ayu. Tetapi, niat itu menguap.

Nyoman mengalami serangan jantung dan meninggal dunia di Bali. Dia tidak lagi kembali untuk keluarganya. Ayu hancur. ”Saya tidak punya lagi kesempatan untuk meminta maaf,” ucap dia.

  • Bagikan