JawaPos.com – Beberapa hari terakhir, linimasa media sosial digemparkan kabar meninggalnya Pele. Pemain sepak bola asal Brasil itu dikabarkan mengembuskan napas terakhir di salah satu rumah sakit di Prancis. Tidak sedikit netizen dari berbagai negara yang mengucapkan belasungkawa.

Sebagian besar informasi itu beredar dengan foto saat Pele bermain bola. Bukan saat prosesi pemakaman atau saat di persemayaman terakhir. Tidak ada informasi yang jelas tentang penyebab kematian superstar lapangan hijau asal Negeri Samba itu.

Salah satu penyebar kabar meninggalnya Pele adalah pemilik akun Facebook Reg Northern (fb.com/reg.northern). “I had this poster as a youth. The greatest to every play the game on the planet. RIP Pele,” tulis dia dengan mem-posting foto pemain yang berhasil membawa negaranya menjadi juara dunia tiga kali itu.

Kabar tersebut ternyata hoax. Portal berita en.mediamass.net menyebut Pele sebagai salah seorang korban kabar palsu yang menyebar di dunia maya. Mereka pun membuat ulasan berjudul, “Pelé dead 2019”: The King killed by internet death hoax. Berita yang berisi klarifikasi itu terakhir diperbarui pada 17 Juli 2019.

The Media Mass mengungkapkan, berita kematian pemain bola dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu muncul sejak 15 Juli 2019. Dikabarkan, pria kelahiran 1940 tersebut meninggal di sebuah kota bernama Tres Corações, sebelah selatan Negara Bagian Minas Gerais di Brasil. Ratusan, bahkan ribuan, penggemar menulis pesan belasungkawa di laman Facebook.

Berita kematian Pele itu banyak ditanggapi secara skeptis. Sebab, tidak sedikit berita kematian palsu tentang selebriti yang menyebar selama beberapa bulan terakhir. Berita itu mendorong Celebrity Post membuat jejak pendapat soal kematian Pele.

Hasilnya, 67 persen responden menganggap kematian Pele itu rumor dan tidak lucu lagi.

Pada Selasa, 16 Juli 2019, perwakilan keluarga Pele secara resmi mengonfirmasi bahwa Pele tidak mati. “Dia bergabung dengan daftar panjang selebriti yang telah menjadi korban tipuan. Dia masih hidup dan sehat, berhentilah percaya pada apa yang Anda lihat di internet,” ungkap mereka. Anda dapat membaca berita itu di bit.ly/HoaxPeleMeninggal.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, berita kematian Pele pernah beredar pada bulan- bulan sebelumnya. Lalu, di fan page Facebook resminya, Pele mem-posting fotonya bersama penjaga gawang Oliver Khan pada 1 Jun 2019. Tidak ada satu pun berita tentang kematian pemain yang lama berkiprah di klub Santos itu. Jika ingin melihat berita terbarunya, cukup ketik Pele di Facebook, Anda akan menjumpai fan page itu di bagian teratas.

FAKTA

Kabar yang menyebutkan Pele meninggal dunia adalah hoax. Perwakilan pesepak bola asal Brasil itu mengonfirmasi secara resmi bahwa Pele masih hidup.