JawaPos.com – Pembuat hoax yang satu ini sepertinya kurang piknik. Dia menyebar video yang katanya serangan teroris di Algeria. Ternyata, video itu diambil dari permainan animasi yang adegannya terkesan natural.

Video tersebut memperlihatkan pesawat berukuran besar hendak landing. Saat roda hampir menyentuh landasan pacu, tiba-tiba pesawat itu terbang kembali karena ada truk tangki yang menghadang.

Video tersebut beredar luas dan menghiasi beranda Twitter. Salah satu netizen yang menyebarkan ulang adalah pemilik akun Atif Sharif (@atifsharifbutt). “Terrorist Attack in Algeria. Unbelievable!,” tulisnya sembari melampirkan video itu. Banyak netizen yang percaya dan mengapresiasi kemampuan sang pilot yang luar biasa.

Sebenarnya, banyak kejanggalan dari video tersebut. Sejak awal, adegan pesawat yang hendak landing terekam dengan sangat detail dari berbagai angle. Yakni, atas, samping, bahkan ketinggian melebihi gedung-gedung pencakar langit. Lalu, siapa yang merekam adegan itu?

Berdasar penelusuran Jawa Pos, video yang diklaim sebagai serangan teroris tersebut jelas hoax. Associated Press (AP) News yang bermarkas di Amerika Serikat membuat ulasan yang menyangkal bahwa kejadian itu nyata. Judul ulasannya, Video does not show attempted terrorist attack in Algeria.

Ulasan yang terbit pada 13 Juli 2019 tersebut menjelaskan bahwa video itu merupakan sekuel dari video game yang disebarkan dengan narasi palsu. Video pesawat Airbus A380 tersebut diambil dari permainan Grand Theft Auto (GTA) V. Anehnya, ungkap AP, video itu juga di-tweet oleh politikus Pakistan yang menyebut cara meloloskan diri yang ajaib. Anda dapat membaca ulasan tersebut di bit.ly/BukanSeranganTeroris.

Kanal YouTube milik The UiGamer juga mengunggah video itu dengan Judul GTA5 — An “Oil Tanker” Accidentally Came in the Runway during landing of A380. Video dengan durasi 2:53 detik tersebut diunggah pada 20 Juni 2019.

Selanjutnya, situs pencari fakta, hoaxorfact.com, membahas kabar palsu itu dengan judul Pilot Skill Fails Terrorist Attack in Algeria, Video: Fact Check. Ulasan yang sudah terbit pada 13 Juli 2019 tersebut mengungkapkan bahwa video itu hanya simulasi permainan aksi petualangan.

Pengembang game menciptakan situasi di mana sebuah kapal tanker minyak datang ke landasan pacu saat pendaratan Airbus A380. Ketika itu terjadi, pilot segera lepas landas sebelum mendarat agar terhindar dari kecelakaan. Anda dapat membaca ulasannya di bit.ly/SekuelSimulasiGTAV.

FAKTA

Video tentang pesawat yang menghindari truk tangki di landasan pacu bukanlah rekaman aksi teroris di Algeria. Video itu merupakan simulasi permainan GTA-V.