Mengikuti Jambore Stand up 2019, Mendekat kepada Alam dan Kelucuan

  • Bagikan

Di tengah bumi perkemahan, antara komika dan penonton terasa dekat dan akrab. Gelak tawa jadi cara terbaik untuk mengusir dingin Coban Rondo yang sampai bikin yang nonton rela irit minum agar tak bolak-balik ke toilet.

SHABRINA PARAMACITRA, Malang

—-

“AKHIRNYA…saya bisa merasakan apa yang dirasakan Jenderal Sudirman,” kata Dani Aditya tak lama setelah sampai di panggung. “Beliau kan dulu ke mana-mana ditandu, sekarang saya juga, ha ha ha.”

Ratusan penonton yang santai duduk lesehan pun langsung terpingkal. Bumi perkemahan Coban Rondo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang mulai disergap udara dingin Jumat sore lalu (12/7) itu pun jadi sedikit terasa hangat.

Dani, komika asal Malang yang sehari-hari menggunakan kursi roda itu, memang harus ditandu ke panggung. Sebab, kontur menuju perkemahan dipenuhi tanjakan.

Karena itulah, lanjut Dani di atas panggung, zaman sekolah dulu dirinya juga selalu absen dalam acara perkemahan. “Ini gara-gara Stand Up Indo, baru saya bisa ke sini,” ujarnya, disambut tepuk tangan 500-an penonton dan para komika lain.

Jumat sampai hari ini (14/7), dalam rangka merayakan ulang tahun ke-8, Stand Up Indo, komunitas Stand Up Comedy Indonesia, menghelat Jambore Stand Up 2019. Bekerja sama dengan Stand Up Indo Malang, acara dihelat di Coban Rondo, destinasi wisata air terjun yang juga memiliki bumi perkemahan.

Tiap kali merayakan ultah, Stand Up Indo memang selalu menggelar pentas. Konsep jambore di alam terbuka seperti yang diselenggarakan di Coban Rondo itu yang pertama mereka adakan, meski Stand Up Indo Jogjakarta pernah melakukannya.

Ada 70 komika yang tampil dari berbagai kota di Indonesia. “Ini untuk mendekatkan penonton dengan comic idolanya,” ucap Nur Kholiq, ketua panitia Jambore Stand Up 2019.

Hasilnya? Jawa Pos yang menonton pada Jumat dan Sabtu merasakan keakraban itu. Serasa kamping dengan para karib yang masing-masing punya cerita pengocok perut. Saling menertawakan. Termasuk kesialan-kesialan yang dialami.

  • Bagikan