JawaPos.com – Kampanye dan pemungutan suara Pilpres 2019 sudah usai. Namun, hoax yang menyangkut dukung-mendukung terhadap dua kubu masih saja menyebar. Contohnya, pose dua jari warga negara lain yang disebut-sebut sebagai bentuk dukungan terhadap paslon 02 (Prabowo-Sandi).

Produsen hoax menyebutkan, pria itu bernama Prof Gabe bin Abdullah. ‘‘Profesor Gabe Bin Abdulah yang berasal dari Amerika latin ini kagum kepada pendukung Prabowo di karnakan Mereka tidak pernah menyerah dalam melawan kecurangan ini,” tulis pemilik akun Awie Luthfi Haura (fb.com/awie.wie.940). Disebutkan juga, Gabe siap memberikan batuan dana USD 2 juta kepada paslon 02 untuk kepentingan persidangan di Mahkamah Konstitusi.

Ada kejanggalan pada foto yang di-posting pemilik akun Awie itu. Tampak jelas bahwa foto tersebut tidak utuh atau dipotong dari versi aslinya. Melalui mesin pencari, sangat mudah diketahui nama pria itu bukanlah Gabe bin Abdullah. Melainkan Gabe Newell atau biasa disebut Gaben. Dia kerap menulis ulasan di beberapa situs game.

Foto yang diunggah Awie ternyata mencomot dari akun Twitter seorang game creator bernama Hideo Kojima (@Hideo_Kojima_En). Versi aslinya, Newell dan Kojima berfoto bersama sambil berangkulan. Jari tangan kanan Newell membentuk pose dua jari, sementara Kojima mengangkat jempol tangan kiri. Kebetulan cocok dengan simbol-simbol pilpres di Indonesia meski tak ada hubungannya. Anda dapat melihat foto itu di bit.ly/FotoKunjungan.

Jawa Pos menemukan situs game yang mengulas pertemuan Hideo Kojima dengan Gabe Newell yang dilengkapi foto tersebut. Situs itu bernama pcgamesn.com. Artikel yang diberi judul Hideo Kojima goes to Valve and meets with Gabe Newell itu terbit pada November 2018.

Saat itu Kojima mengunjungi perusahaan Valve dan langsung bertemu dengan pemilik perusahaan tersebut, Gabe Newell. Keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sekuel game. Misalnya, bagian ketiga dari permainan Metal Gear Solid V yang dibuat Hideo Kojima. Atau video game Half-Life 3 dari Gabe Newell yang belum rampung. Selengkapnya, Anda dapat membaca ulasan itu di bit.ly/KunjunganGaming.

FAKTA

Kabar dukungan Gabe bin Abdullah kepada paslon 02 adalah hoax. Nama Gabe yang asli adalah Gabe Newell.