33 C
Semarang
Sabtu, 6 Juni 2020

Agung Hercules Berjuang Lawan Kanker Otak

Another

Kenangan dan Kesan Tak Terlupa Bekerja Bareng sang Legenda

Yuni Shara antusias saat ditawari berduet dengan Didi Kempot meski akhirnya tak sempat bertemu sampai selesai rekaman. Soimah juga...

Didi Kempot Berkawan dengan Berbagai Kalangan (14)

Karya-karyanya yang sukses melewati semua demarkasi pendengar musik mengantarkan Didi Kempot pada persahabatan yang tak pandang bulu. Dari pengamen...

Setan Sembunyi

Surabaya tidak lagi hanya merah. Tapi merah kehitaman. Pertanda wabah Covid-19 kian mengkhawatirkan. Apalagi ada berita medsos yang agak ngawur...

Agung Hercules sedang terbaring sakit. Dia terkena glioblastoma alias kanker otak stadium IV. Tubuh pedangdut pemilik hit Barbel Melayang dan Astuti itu tak lagi berotot. Rambut lurus sebahunya juga rontok. Padahal, dia dikenal punya gaya hidup sehat.

Glandy Burnama, Tangerang

KEMARIN siang (17/6) Agung masih menjalani rawat inap di RSUD Kota Tangerang. Awalnya, pria 42 tahun itu dirawat di sebuah kamar lantai 5. Tapi kini dipindah ke kamar di lantai 2. Di seberang ruangannya, ada petugas keamanan rumah sakit (RS) yang berjaga. “Maaf, dari pihak keluarga tidak mengizinkan ada peliputan,” katanya.

Pihak keluarga pria dengan nama asli Agung Santoso tersebut belum mau berkomentar.

Salah satu yang sangat tegas adalah Mira Rahayu, istri Agung. Dia hanya mengizinkan kerabat, keluarga, dan sahabat yang boleh membesuk sang suami di kamar.

Beberapa teman selebriti Agung menengok pria asal Malang itu. Salah satunya adalah presenter Jeremy Teti. Mantan news anchor tersebut membesuk mantan atlet binaraga itu sekitar pukul 12 siang kemarin. “Memang dari keluarga tertutup kalau soal penyakit dia,” ungkapnya.

Jeremy Teti saat mengunjungi Agung Hercules di RSUD Kota Tangerang. (Jeremy Teti for Jawa Pos)

Jeremy lantas menceritakan kondisi terkini artis yang dikenal suka melucu itu. Menurut Jeremy, Agung sedang berbaring saat dirinya datang. Pemilik usaha Bakso Barbel tersebut mengenakan kaus hitam dan celana piyama hijau. “Ingat nggak aku siapa?” tanya Jeremy menyapa sahabatnya.

Lantaran efek glioblastoma, Agung kesulitan untuk mengingat siapa Jeremy. Dipandangnya dulu lekat-lekat wajah sahabatnya itu. “Oh, iya iya, tahu,” ujarnya pelan beberapa saat kemudian.

Agung masih bisa tersenyum dan tertawa. Namun, untuk berbicara dan duduk dalam waktu lama, dia kesulitan. “Tapi, dari sorot mata dan wajahnya, dia kayak bilang ‘gue harus kuat’,” kata Jeremy.

Dari Mira, Jeremy mengetahui riwayat singkat penyakit Agung. Pedangdut tersebut sudah hampir sembilan bulan diketahui mengidap kanker. Mira mengungkapkan, penyakit itu dirasakan kali pertama ketika Agung sedang syuting sinetron untuk sebuah televisi swasta pada September lalu.

Awalnya Agung mengaku kelelahan. Mira berpikir sang suami terlalu banyak bekerja. Agung dimintanya beristirahat. Namun, keadaan semakin buruk. Agung mulai kesulitan untuk membaca naskah skenario. Perlahan, kemampuan berbicaranya pun menurun. Hal itu diikuti dengan sakit kepala yang terjadi berulang-ulang.

Keluarga membawa Agung ke sebuah RS di Jakarta meskipun dia awalnya menolak. Betapa terkejutnya Mira mendapati Agung menderita glioblastoma di otak kirinya. Lantaran penyakit itu, Agung hanya muncul tiga episode di sinetron tersebut. Dia lantas mengundurkan diri dari dunia hiburan untuk menjalani perawatan.

Agung dirawat di RSUD Kota Tangerang. Rangkaian pengobatan yang dijalaninya antara lain adalah kemoterapi, radiasi, hingga operasi pengangkatan sel kanker. Perawatan berlangsung kurang lebih tujuh bulan. “Menurut Mbak Mira, dia kuat lho pas kemo sama radiasi. Kata dokter, hasilnya sempurna,” kata Sasha Alexa, salah seorang sahabat Agung yang ikut membesuk.

Agung Hercules

Meski demikian, pengobatan dan perawatan berdampak besar pada kekuatan pemeran Milky Man di sinetron Saras 008 itu. Hal tersebut tampak dari bagian kiri kepalanya yang kini botak dan terdapat bekas jahitan. Otot tubuhnya pun menyusut seiring dengan proses pemulihannya sampai sekarang.

Selama tujuh bulan masa pengobatan, pihak keluarga sengaja tidak membeberkan ke publik. Tujuannya ialah menjaga privasi dan supaya proses pengobatan berjalan lancar. Baru pada Minggu (16/6) lalu terungkaplah kabar bahwa Agung menderita glioblastoma. Mira dan sejumlah teman mengunggah foto Agung dibesuk di RSUD Kota Tangerang.

Jeremy mengungkapkan bahwa kondisi Agung sudah membaik meski kemampuan bicaranya masih terbatas. “Tadi makannya banyak, terus ketawa pas saya bilang Astuti. Dia bisa gerakin otot dadanya juga lho,” paparnya.

Komedian Daus Mini juga datang menjenguk kemarin. Dia ditemani sang istri Selvia Hana Wijaya. Daus setuju dengan pernyataan bahwa kondisi Agung sudah membaik. “Tadi ketemu malah bercanda mulu,” kata Daus kemarin.

Daus mengungkapkan bahwa pihak keluarga berencana membawa Agung ke Bandung untuk menjalani terapi di sebuah RS. Pihak keluarga tengah berdiskusi dengan dokter dan RS. “Kalau diizinin, ya bisa langsung berangkat,” katanya.

Kabar Agung yang menderita penyakit kanker memang mengagetkan. Bukan hanya keluarga dan teman-teman sesama selebriti, teman-teman lama Agung pun terkejut. Misalnya rekan-rekannya di Java Muscle Club, sebuah tempat fitnes di kawasan Petamburan yang dulu menjadi tempat Agung nge-gym.

Salah seorang yang mengenal Agung adalah Masnu, 44. “Terakhir nge-gym rutin itu tiga tahun lalu, pas rumahnya masih di Petamburan,” ujar pria asal Pemalang, Jawa Tengah, tersebut.

Masnu tak menyangka Agung sakit parah. Menurut dia, Agung adalah pribadi yang peduli kesehatan. Dia rutin nge-gym dua hingga tiga kali seminggu. Pola makannya sangat dijaga. Mustahil rasanya orang sesehat itu bisa terkena kanker. “Sekarang lihat kondisinya kok memprihatinkan,” kata Masnu.

Hal serupa diungkapkan Bram, 45. Perempuan yang kini bekerja di kantin Java Muscle Club tersebut pernah menjadi asisten rumah tangga Agung selama setahun. “Kaget kok bisa ya dia sakit. Dulu tuh makannya dijaga lho. Nasinya harus beras merah,” bebernya.

Hingga berita ini ditulis, pihak keluarga masih belum memberikan komentar. Namun, semua yang menjenguk kemarin menyatakan bahwa saat ini Agung membutuhkan dukungan dan doa. Mereka semua sepakat, meski tak lagi kekar berotot, Agung masih punya jiwa yang kuat dan kepercayaan besar untuk sembuh.

Latest News

Kenangan dan Kesan Tak Terlupa Bekerja Bareng sang Legenda

Yuni Shara antusias saat ditawari berduet dengan Didi Kempot meski akhirnya tak sempat bertemu sampai selesai rekaman. Soimah juga...

Didi Kempot Berkawan dengan Berbagai Kalangan (14)

Karya-karyanya yang sukses melewati semua demarkasi pendengar musik mengantarkan Didi Kempot pada persahabatan yang tak pandang bulu. Dari pengamen sampai presiden. T.M. BAYUAJI-K. ULUM, BAYU...

Setan Sembunyi

Surabaya tidak lagi hanya merah. Tapi merah kehitaman. Pertanda wabah Covid-19 kian mengkhawatirkan. Apalagi ada berita medsos yang agak ngawur sebelumnya: Surabaya bisa seperti Wuhan....

Religiusitas dan Kedekatan Didi Kempot dengan Kaum Santri (13)

Ada sejumlah lagu Didi Kempot yang memperlihatkan sisi religiusitas maestro campursari itu, termasuk satu di antaranya yang belum sempat dirilis. Menurut para sahabat, yang...

Luka Lama

Semua bisa merasakan: betapa irinya Trump. Iri kepada Putin. Iri kepada Xi Jinping. Iri pada kekuasaan mereka berdua. Yang tidak dimiliki oleh seorang Presiden Amerika. Betapa gemes tangan...

More Articles Like This

Must Read

Pentaskan Revolusi Mental Lewat Teater

SEMARANG—Penampilan teater dari Fakultas Seni dan Bahasa Unnes kemarin mendapatkan sambutan yang luar biasa dari penonton. Pentas teater yang berjudul “Janji yang Terpatri” tersebut...

E-Katalog Penting Untuk Transparansi

RADARSEMARANG.COM, BATANG - Pengadaan Barang dan Jasa melalui E-Katalog dapat membantu transparansi, karena barang yang akan dibeli harga sudah dicantumkan, sehingga tidak lagi ada...

Aparat dan PNS Diminta Taati Lalulintas

DEMAK-Aparat kepolisian, TNI maupun PNS diminta menaati aturan lalulintas. Ini perlu dilakukan sebagai upaya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat pengguna jalan. Demikian disampaikan Bupati...

Solid, Jateng Tetap Kandang Banteng

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PDI Perjuangan tak gentar dengan statemen lawan politik yang ingin mematahkan mitos Jateng adalah kandang banteng. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto...

Begal Motor Makin Marak

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Begal kendaraan bermotor roda dua, mulai marak lagi di Kendal. Seperti dialami Kasiyati, 27 warga Desa Ngabean, Kecamatan Boja. Ibu satu anak ini...

Menang 2-0, Persibat Jaga Asa 16 Besar

BATANG-Menang dengan skor 2-0 atas Persibas Banyumas, Persibat Batang menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar Liga 2 Indonesia, Minggu (20/8) kemarin. Dari...