Bersukaria Walking Tour, Tur Jalan Kaki sembari Belajar Sejarah

  • Bagikan

Referensi tentang titik-titik bersejarah di sepanjang rute didapatkan dari jurnal, pemerhati sejarah, dan ngobrol dengan warga. Yang mau tur dengan tema khusus, misalnya kuliner, juga ada.

SHABRINA PARAMACITRA, Semarang

FAUZAN Mawardi Kautsar akhirnya bisa menikmati libur Lebaran. Kemarin (10/6) dia mudik ke rumah orang tua di Bekasi. Setelah sehari sebelumnya menyempatkan bersantai di Semarang.

“Hari ini saya enggak mandu. Tapi, untuk walking tour, ada yang jalan, rute pecinan. Turnya pagi tadi, jam 08.00 (WIB),” ujar dia kepada Jawa Pos Minggu lalu (9/6).

Fauzan adalah pemandu walking tour di Semarang yang diadakan oleh Bersukaria Tour Organizer. Tur itu mengajak para peserta berjalan kaki mengelilingi rute tertentu.

Tak sekadar jalan-jalan biasa. Namun, ada cerita, fakta, dan data sejarah terkait dengan rute yang dilewati yang bisa dibagikan oleh pemandu tur kepada para peserta.

Itu pula yang didapat Jawa Pos saat mengikuti walking tour rute Mataram beberapa waktu lalu. Yang kebetulan juga dipandu Fauzan.

Mataram adalah nama lawas Jalan MT Haryono di Semarang. Meski jalan di ibu kota Jawa Tengah itu sudah berganti nama, masih banyak warga setempat, terutama yang tinggal di sekitar jalan tersebut, yang menyebutnya sebagai Jalan Mataram.

Ada titik-titik di sepanjang kawasan itu yang menyimpan banyak sejarah. Misalnya Kampung Kulitan.

Di kampung itu, ada Tasripin, saudagar Jawa kaya raya pada zaman kolonial. Seorang tuan tanah yang tak takut kepada penjajah Belanda.

Ada cerita bahwa dia berani mengundang tamu-tamu Belanda ke rumah. Dan, saat mereka datang, dia menebar uang logam bergambar ratu Belanda di lantai rumah.

“Dia pun diprotes para tamu karena khawatir uang bergambar ratu Belanda akan terinjak-injak di lantai,” tutur Fauzan di sela penelusuran rute Jalan Mataram.

Di lain kesempatan, Tasripin kembali mengundang tamu-tamu Belanda itu. Namun, kali ini dia menebar uang logam Belanda di lantai rumah dengan posisi diberdirikan.

  • Bagikan