Menyusuri Kehidupan Keluarga SBY Selama Mendampingi Memo di Singapura

  • Bagikan

Singapura akan terpatri kuat dalam ingatan keluarga SBY. Di sanalah Ani Yudhoyono meninggal setelah empat bulan bergulat melawan kanker darah.

DINARSA KURNIAWAN, Singapura

SEJAK Februari lalu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sering menghabiskan waktu di National University Hospital (NUH) Singapura. Dia setia menemani istrinya yang sedang berjuang melawan penyakit kanker darah. Anak-anak dan menantunya juga sering bolak-balik Jakarta-Singapura.

Selain keluarga besar SBY, banyak pula warga Indonesia di Singapura yang menjenguk Ani di rumah sakit. Salah satu sosok yang dekat dengan Ani selama empat bulan terakhir adalah Duta Besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya.

“Saya, istri, dan seluruh staf KBRI Singapura merasa kehilangan. Ibu Ani orangnya baik dan tidak pilih-pilih orang kalau bergaul,” ucap pria kelahiran Singaraja, Bali, 11 Maret 1962, tersebut ketika diwawancarai kemarin.

Ngurah mengungkapkan, beberapa hari sebelum wafat, kondisi putri tokoh militer Sarwo Edhie Wibowo itu sempat membaik. Karena itulah, dia kaget ketika mendengar kabar bahwa jantung perempuan yang dikaguminya tersebut berhenti berdetak.

Bahkan, saat kondisi Ani dinyatakan membaik, Ngurah sempat mengantarkan wakil presiden terpilih KH Ma’ruf Amin serta istrinya, Wury Estu Handayani, membesuk almarhumah sehari sebelum wafat (31/5). Kiai Ma’ruf datang siang dan langsung kembali ke Jakarta malam harinya, sekitar pukul 21.30 waktu Singapura.

Ingatannya pun terbang ke belakang sepuluh tahun silam. Ketika itu SBY yang menjabat presiden melantiknya sebagai duta besar RI untuk Kerajaan Kamboja. Sejak saat itu Ngurah kerap berinteraksi dengan SBY. Pun demikian halnya ketika SBY sudah purnatugas. Ngurah dan para staf KBRI masih berhubungan baik dengan keluarga SBY, juga Ani tentunya. Sebab, keluarga SBY kerap bertandang ke Singapura. Biasanya untuk jalan-jalan.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memeluk ibunya, Ani Yudhoyono yang dirawat di RS National University Hospital (NUH) pada 19 April.
(Instagram @aniyudhoyono)

Salah satu kedatangan SBY dan sang istri yang paling diingatnya terjadi tahun lalu. Waktu itu mereka datang ke KBRI yang berlokasi di Chatsworth Road tersebut untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI. Saat itu pria asli Pacitan tersebut juga memberikan ucapan selamat HUT kemerdekaan kepada warga Indonesia yang hadir di kompleks KBRI.

  • Bagikan