33 C
Semarang
Kamis, 24 September 2020

Kantor Ramah Fans Para Bintang K-Pop ala SM Entertainment Indonesia

Another

Minus 5 Persen

Apa arti minus 5,3 persen –bagi kita? Artinya: kita harus kian siap bahwa hidup akan lebih sulit. Terutama bagi yang...

Angga Yunanda dan Adhisty Zara Berjaya di IMA Awards 2020

JawaPos.com – Ajang pemberian penghargaan untuk insan film tanah air, Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) 2020, sukses dilaksanakan tadi...

Menanti Sinovac

Apa yang akan dilakukan? Setelah vaksin anti-Covid-19 buatan Tiongkok itu tiba di Bandung Senin kemarin? Pertama-tama adalah mencari relawan dalam...

Didesain sedemikian rupa, kantor SME di Indonesia seolah membawa para fans ke Seoul bertemu para idola. Di situ pula akan dihelat audisi terbuka yang pemenangnya bakal diorbitkan agensi hiburan yang menaungi banyak bintang K-pop tersebut.

GLANDY BURNAMA, Jakarta

SENYUM di wajah Najmi langsung merekah begitu memasuki lobi kantor itu. Maklum, kehadirannya langsung disambut senyuman idola: para anggota boyband EXO.

Meskipun memang bukan kesembilan personel boyband asal Korea Selatan itu yang hadir langsung. Melainkan diwakili foto mereka yang terpampang di lobi kantor SM Entertainment (SME) Indonesia di lantai 5 fX Lifestyle X’nter, Senayan, Jakarta.

Tapi, itu saja sudah membahagiakan dara 19 tahun tersebut. Apalagi, dibarengi klip video lagu dari boyband asal Korea Selatan itu, Love Me Right. Langsung saja dia bernyanyi-nyanyi kecil sembari menggerak-gerakkan kepala.

“Seneng sekali. Soalnya belum sempat ngunjungin yang di Seoul,” kata Najmi.

Yang dimaksud mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta itu adalah kantor pusat SME di ibu kota Korea Selatan tersebut. SME adalah salah satu agensi hiburan terbesar di Negeri Ginseng tersebut.

Karena banyaknya fans artis-artis K-pop di bawah naungan mereka di Indonesia, SME pun membuka kantor perwakilan di sini pada awal tahun ini. Kantor tersebut pun didesain sedemikian rupa agar para fans bisa senang.

Jadilah kantor SME di Indonesia itu semacam pengobat keinginan para fans yang belum bisa berkunjung ke kantor pusat di Seoul. Setidaknya, ketika berada di kantor yang didominasi warna baby pink dan putih itu, mereka seolah berada di Seoul. Dikelilingi para idola yang foto-fotonya terpampang di dinding.

KantorSME Indonesia secara garis besar dibagi menjadi dua. Area depan kantor yang buka dari jam 10 pagi sampai 7 malam itu memang terbuka untuk fans. Lantas, separo belakang area kantor diperuntukkan staf. Fans ataupun orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk.

Bagian depan adalah lobi tempat dua staf berjaga sebagai resepsionis. Fans artis-artis SME bebas keluar masuk.

Seperti disaksikan Jawa Pos pada akhir Maret lalu, begitu sampai di lobi, mereka langsung mengeluarkan ponsel untuk berpose dengan latar lobi atau foto artis SME idola. Beberapa foto yang terpampang adalah BoA, TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation, Shinee, f(x), EXO, Red Velvet, dan NCT.

Spot foto lain ada di sisi kanan ruangan. Di sana tampak kotak-kotak kaca yang berisi album artis-artis SME. Ada pula light stick, tongkat dengan lampu berwarna yang sering dibawa fans saat menonton konser artis idola mereka.

Sebuah baju setelan warna biru juga terpasang. “Itu baju yang pernah dipakai Leeteuk, leader Super Junior, waktu tampil di Korea,” terang Rubina Winnie, staf SME Indonesia.

Bukan tanpa alasan baju Leeteuk dipasang di situ. Februari lalu pria bernama asli Park Jung-su itu berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri acara peresmian kerja sama SME dengan Transmedia.

Penggemar KPop di studio SM ENTERTAINMENT (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Leeteuk, ditemani founder SME Lee Soo-man, lalu berkunjung ke kantor SME Indonesia yang mulai dibuka pada awal Februari. Sebagai penyambutan, baju yang pernah dikenakannya dipasang.

Rubina mengungkapkan, fungsi utama kantor SME Indonesia adalah kantor perwakilan. Begitu dibuka, agensi yang berdiri pada 1995 itu bakal punya banyak proyek kolaborasi yang dilakukan di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah manajemen artis dan advertising. “Kalau ada pihak atau klien yang mau kerja sama di dua hal itu, urusnya ya di kantor ini,” ungkap Rubina.

Awalnya, sempat banyak yang mengira kantor SME Indonesia bakal sebagus SMTOWN Museum yang ada di Seoul. Yakni, tempat fans bisa menyaksikan galeri album, busana selebriti, wall of fame, klip video, pertunjukan hologram, kafe, dan toko merchandise. Sayang, kantor SME Indonesia tak seperti impian fans.

Agar tidak terlalu mengecewakan fans para artis, pihak SME Indonesia pun mengupayakan agar kantor berkonsep ramah penggemar. “Kalau di Korea, kantor pusatnya nggak kayak gini. Staf SME di Korea aja bilang kantor di sini lucu banget,” kata Rubina.

Rencananya, kantor yang mulai dibangun pada pertengahan 2018 itu hanya berfungsi sebagai kantor perwakilan. Namun, pihak SME Indonesia sadar bahwa animo masyarakat terhadap K-pop sangat tinggi. Apalagi, di Indonesia, fans artis-artis SME cukup banyak.

Berangkat dari pemikiran itu, kantor pun didesain sedemikian rupa agar fans bisa merasa nyaman. Seolah bisa bertemu atau dekat dengan para idola.

Sejak dibuka pada Februari lalu, setiap hari selalu ada fans yang berkunjung. Mulai asyik menyaksikan klip video di lobi, memandang album-album sang idola, hingga berswafoto dengan gambar artis-artis SME. Rubina atau staf lain yang bertugas sebagai resepsionis dengan senang hati menyambut mereka.

Selain terbuka untuk fans, kantor SME Indonesia sering didatangi artis SME yang berkunjung ke Indonesia. Selain Leeteuk, dua personel NCT, Jeno dan Jaemin, sempat datang ke sana beberapa pekan lalu. Begitu pula girlband Red Velvet yang mampir setelah tampil di Lapangan Trans City, Tangerang Selatan, bulan lalu.

Terbaru, tiga personel EXO -Suho, Kai, dan Chen- juga datang ke sana pada Minggu petang (26/5). Setelah menghadiri jumpa fans di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Han Kyung-jin, perwakilan SME untuk Asia Tenggara, senang kalau kantor SME Indonesia disambut antusias oleh fans. “Tujuan kami membuka kantor di sini salah satunya memang untuk membuat fans SME senang dan merasa dekat,” kata Kyung-jin.

Sambutan hangat juga datang dari Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom. Menurut dia, adanya kantor perwakilan SME di Indonesia menunjukkan eratnya hubungan baik antara Indonesia dan Korea Selatan. “Ini jembatan kerja sama budaya dan hiburan yang lebih baik,” kata Chang-beom.

Chang-beom pun sadar bahwa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap hiburan pop Korea sangat besar. Dengan adanya kantor perwakilan, Chang-beom berharap kedua negara bisa saling memberikan dampak positif.

Saat ini kantor SME Indonesia terus dikembangkan. Termasuk, fasilitas untuk fans. Di ujung kiri lobi, misalnya, terdapat ruangan yang tengah dalam proses penyelesaian berdinding hijau.

Rubina mengungkapkan bahwa ruang tersebut akan berfungsi sebagai photo booth dengan teknologi augmented reality (AR). “Jadi, pengunjung bisa foto sama artis idolanya dengan teknologi AR. Bener-bener kayak ketemu langsung,” jelas Rubina.

Saat ini ruangan tersebut masih dalam proses penyelesaian. Sementara itu, di sisi seberang photo booth, juga tengah dalam proses penyelesaian, ada sebuah ruangan kecil tempat nantinya fans bisa berkaraoke dengan lagu-lagi artis Korea. Juga, menyaksikan klip-klip video artis idola mereka.

SME Indonesia pun berencana menggelar audisi terbuka di kantor mereka. Tujuannya, mencari bakat-bakat baru untuk diorbitkan menjadi selebriti di bawah bimbingan SME.

Audisi akan diadakan setiap bulan. Rencananya, audisi diadakan tahun ini. “Nanti audisinya bakal diadakan di ruang yang sama untuk karaoke,” kata Rubina.

Sebuah kesempatan bagi fans seperti Najmi untuk bisa berekspresi lebih. Jadi, tak cuma foto-foto dan nyanyi-nyanyi kecil mengikuti klip video sang idola.

Latest News

Minus 5 Persen

Apa arti minus 5,3 persen –bagi kita? Artinya: kita harus kian siap bahwa hidup akan lebih sulit. Terutama bagi yang...

Angga Yunanda dan Adhisty Zara Berjaya di IMA Awards 2020

JawaPos.com – Ajang pemberian penghargaan untuk insan film tanah air, Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) 2020, sukses dilaksanakan tadi malam, Minggu (25/7) dari Studio...

Menanti Sinovac

Apa yang akan dilakukan? Setelah vaksin anti-Covid-19 buatan Tiongkok itu tiba di Bandung Senin kemarin? Pertama-tama adalah mencari relawan dalam jumlah besar. Yakni relawan yang...

Risma Andani

Hari ketiga di Surabaya dokter Andani Eka Putra mengajak saya makan di restoran Padang. Rupanya ia sudah bosan dengan makanan hotel. ”Orang Padang ini susah....

Meninggal Olahraga

Tiga bersaudara ini wartawan semua. Yang dua meninggal karena olahraga. Tahun lalu si kakak meninggal saat ikut maraton di Surabaya. Jumat kemarin, giliran Hadi...

More Articles Like This

- Advertisement -

Must Read

Dukun Abal-Abal Dibekuk

RADARSEMARANG.COM, PURWOREJO — Warno alias Dedi Putra, 56, gagal menikmati uang hasil tipu-tipu dengan modus menggandakan uang. Ia harus siap-siap disidang setelah dilaporkan korbannya,...

Ajak Publik Biayai Operasional Partai

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berinovasi untuk mengajak publik membiayai operasional partai. Melalui pembiayaan publik, partai dinilai akan lebih sehat dan mandiri....

Bidik Oknum Polisi Lain

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Oknum anggota Satlantas Polrestabes Semarang yang diduga melakukan pungutan liar saat menggelar razia telah dibawa ke Polda Jateng untuk diperiksa. Anggota berinisial Bripka...

Jual Wisata Sumbing Lewat  Rejeban

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Ratusan pengunjung, baik warga Temanggung maupun warga luar kota berbondong-bondong ke lereng Gunung Sumbing Dusun Cepit Desa Pagergunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung,  Jumat...

Saksi Sebut Korupsi BPN untuk Karaoke

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG - ’’Nyanyian’’ Cinta Eri Asmara alias Rieke, saksi kasus dugaan korupsi Rp 8,6 miliar oleh mantan Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kota Semarang Priyono,...

Pemudik Kapal Laut Diprediksi Naik 3 Persen

SEMARANG - Gelombang arus mudik Lebaran lewat jalur laut mulai berdatangan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kamis (15/6) kemarin, sebanyak 1.649 penumpang berlabuh pukul...