HENDRAR PRIHADI : Wali Kota Semarang
HENDRAR PRIHADI : Wali Kota Semarang

RADARSEMARANG.COM, ALHAMDULILLAH, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya pada hari ini, 2 Mei 2019, Kota Semarang telah menginjak usia lebih dari empat abad.  Lebih dari sekedar seremonial, Hari Jadi Kota Semarang haruslah kita maknai bersama sebagai sebuah momentum untuk terus menumbuhkan rasa bangga, rasa cinta dan rasa memiliki Kota Semarang untuk kemudian kita transformasikan menjadi langkah nyata untuk membangun Kota Semarang menjadi sebuah kota yang semakin baik dan semakin hebat.

Kota Semarang pada 2019 ini telah melakukan lompatan-lompatan besar dan capaian dalam rangka pembangunan kota. Pertama, pada sektor sumber daya manusia, kita patut bersyukur karena Indeks Pembangunan Manusia mencapai 82.01. Melalui perbaikan di bidang sumber daya manusia, capaian tersebut menempatkan Kota Semarang dengan IPM tertinggi di Jawa Tengah, bahkan melampaui kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Surabaya dan Bandung.

Kedua, pada industri pariwisata yang menjadi masa depan perekonomian Kota Semarang, sebanyak 5.7 juta orang memilih kota ini sebagai destinasi wisata sepanjang  2018.

Kota Semarang pun mendapatkan penghargaan sebagai Kota Wisata Terbaik ke-4 di Indonesia, pada ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards. Ketiga, menjelang ulang tahun ke-472,  Kota Semarang meraih prestasi kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2017 oleh pemerintah pusat.

Pencapaian tersebut merupakan kali kelima yang ditorehkan Pemerintah Kota Semarang sejak 2013. Beberapa lompatan tersebut merupakan buah dari kerja ikhlas, kerja cerdas, dan kerja kolektif semua elemen masyarakat.

Perjuangan dan kerja keras kita belum berakhir. Masih banyak tantangan dan program pembangunan yang harus diselesaikan. Beberapa pembangunan infrastruktur sedang dalam penyelesaian. Yakni, revitalisasi Kota Lama, pembangunan Gedung Parkir Pandanaran, normalisasi Banjir Kanal Timur. Sedangkan dalam tahap perencanaan dan siap untuk kami kerjakan adalah pembangunan kawasan pasar dan Alun-alun Pasar Johar, wisata jembatan kaca Tinjomoyo, dan travelator di Jalan Pemuda.

Semua program tersebut merupakan upaya demi meningkatkan kualitas hidup dan menyelesaikan sejumlah permasalahan di Kota Semarang. Segala program tersebut tidak akan dapat berjalan bila tidak ada dukungan dari warga Kota Semarang dan stakeholder terkait.

Pencapaian dan program yang akan kita kerjakan memerlukan sebuah kunci, yakni ‘kebersamaan’. Maka, melalui tema HUT ke-472 kali ini mengusung tema ‘Bergerak Bersama, Menuju Semarang Hebat’, ada sebuah modal dasar dan tujuan bersama Kota Semarang.

Sebuah modal besar ketika semua elemen ‘bergerak bersama’, menggerakkan keempat roda kota. Yakni: pemerintah, pengusaha, pewarta, dan penduduk, maka niscaya tujuan kita agar Semarang menjadi Hebat akan terwujud. Dengan pembangunan Kota Semarang saat ini on the right track, maka bukan tidak mungkin bila Kota Semarang akan mencapai “Beyond Indonesia” (melampaui Indonesia).

Kebersamaan kita sebagai semua warga Kota Semarang telah teruji melalui Pemilu 17 April 2019 lalu. Kita harus bangga dan saya sampaikan apresiasi kepada seluruh warga Kota Semarang karena Pemilu lalu telah berjalan dengan dengan aman, luber, jurdil, dan kondusif.

Segala perbedaan selama masa kampanye sirna dan kita semua kembali lagi bersama-sama sebagai satu warga Kota Semarang. Oleh karenanya, kita sampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pemilu KPU, aparat keamanan– baik TNI dan Polri—juga semua elemen masyarakat atas komitmen menjaga persatuan dan kebersamaan.

Kesatuan kita akan kembali diuji tahun depan saat Pilwalkot 2020, warga Kota Semarang akan kembali dihadapkan pada perbedaan politik. Namun, saya meyakini bahwa pemilu tahun depan tetap akan berjalan damai, luber, jurdil, dan kondusif seperti Pemilu 2019 ini. Karena hakikat dari Pemilu adalah mencari pemimpin dan bersama-sama membangun kehidupan bangsa dan negara.

Terlebih dari beberapa gelaran pemilu, kita harus berbangga diri karena pendidikan politik di Kota Semarang sudah tinggi dan telah dewasa dalam menghadapai perbedaan politik. Akhirnya, saya ucapkan terima kasih setingginya kepada jajaran Muspida, seluruh OPD Kota Semarang dan tentunya seluruh elemen warga Kota Semarang atas penyelenggaraan HUT ke-472 yang berjalan meriah, penuh suka cita.

Segala rangkaian HUT ke-472 ini membuktikan bahwa perayaan ini bukan hanya menjadi ulang tahun bagi Pemerintah Kota Semarang semata, melainkan menjadi sebuah pesta rakyat atas pencapaian rumah kita bersama, Kota Semarang.

(*/disarikan dari sambutan Wali Kota Hendrar Prihadi pada peringtan HUT ke-472 Kota Semarang 2019, Kamis, 2 Mei 2019)