JawaPos.com – Tiga pasangan ganda campuran Indonesia melewati ujian mereka di babak pertama Kejuaraan Asia 2019, Selasa (23/4). Ketiga pasangan adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Rinov/Mentari menyabet tiket babak kedua setelah mengatasi pasangan Vietnam Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao 21-11 dan 21-14. “Kami sudah pernah ketemu di Vietnam pada tahun lalu dan kami kalah. Sekarang kami tidak mau kalah lagi, dari awal sudah berusaha untuk main menyerang lebih dulu,” kata Pitha.

Di babak kedua, Rinov/Mentari sudah ditunggu oleh pasangan kuat Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Meski belum pertemu sebelumnya, namun Rinov/Mentari mengaku sudah siap meladeni pasangan ranking 3 dunia itu.

“Kami sudah cukup terbiasa bertanding di turnamen top level, kami sudah banyak diberi kesempatan bertanding di level atas. Jadi sudah mengerti bagaimana permainan di top level,” tambahnya.

Menyusul Rinov/Mentari, Hafiz/Gloria juga berhasil merebut tiket babak kedua usai membabat pasangan Tiongkok Zhang Nan/Li Yinhui. Bertarung tiga gim, Hafiz/Gloria keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 21-11, 19-21, dan 25-23.

“Waktu adu setting di game ketiga pasti tegang. Tapi kami yakin dengan diri kami sendiri karena lawan sengaja main bertahan dengan mengangkat bola terus. Jadi kami lebih enak untuk menyerang,” kata Hafiz.

Di babak kedua, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan wakil India Utkarsh Arora/Karishma Wadkar.

Di partai terakhir hari ini, Praveen/Melati melengkapi kemenangan ganda campuran Indonesia setelah mengandaskan wakil India Rohan Kapoor/Kuhoo Garg dengan skor telak 21-5 dan 21-15. Mereka akan meladeni wakil Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo di babak kedua nanti.

Sayang, langkah ketiga wakil tersebut tidak bisa diikuti Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami. Mereka harus mengakui kehebatan unggulan kedua asal Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping 22-20, 18-21, dan 17-21.