JawaPos.com – Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil lolos ke babak kedua Singapura Terbuka 2019. Di babak kedua besok, mereka sudah ditunggu oleh pasangan tangguh Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Pertemuan ini menjadi yang ke lima kalinya. Sejauh ini, Praveen/Melati sama sekali belum pernah menang atas pasangan rangking 1 dunia itu.

Praveen/Melati pernah hampir memetik kemenangan atas Siwei/Yaqiong di All England 2019. Mereka memenangi gim pertama 21-13, dan nyaris memecundangi Siwei/Yaqiong dengan sempat unggul 20-17. Sayang, kondisi malah berbalik. Siwei/Yaqiong menyalip mereka dan mengambil gim kedua dengan skor 20-22, sebelum akhirnya mengakhiri laga setelah menang 13-21 di gim ketiga.

Belajar dari kekalahan menyakitkan tersebut, Praveen/Melati mengaku akan bermain lebih maksimal. Mereka akan menerapkan pola main yang kurang lebih sama seperti di All England 2019.

“Pokoknya sama dengan seperti di All England. Kami nggak mau mikir menang atau kalah, yang penting main semaksimal mungkin dan mengeluarkan penampilan terbaik,” kata Melati.

Praveen/Melati sendiri lolos ke babak kedua setelah mengatasi pasangan lintas negara Mohamad Arif Abdul Latif/Rusyidina Antardayu Riodingin (Malaysia/Indonesia). Mereka menang dua gim langsung 21-12 dan 21-16.

Meski sudah mengetahui permainan lawan, namun Praveen/Melati tak menganggap remeh. Mereka tetap mewaspadai pasangan yang sebelumnya bermain tunggal putra dan putri tersebut.

“Lawannya tadi Arif dulu main single, ceweknya juga sama. Saya dulu pernah ketemu waktu pasangan dengan Debby (Susanto). Jadi kami nggak anggap remeh juga, tetap harus siap. Dan cepat tanggap dengan kondisi lampu, angin dan sebagainya. Yang penting harus cepat dalam beradaptasi dengan lapangan,” kata Praveen.

Selain Praveen/Melati, dua wakil ganda campuran Indonesia juga sudah aman ke babak dua. Mereka adalah Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.