JawaPos.com – Menjadi salah satu penggawa Timnas U-23 yang akan berjuang di kualifikasi Piala Asia U-23 2020 membuat Rachmat Irianto justru makin sering menghubungi keluarganya. Terkhusus, sang ayah Bejo Sugiantoro yang memang menjadi ‘penasihat pribadinya’. Bahkan dia kerap melakukan video call saat menghubungi orang tuanya tersebut.

Rian-sapaan Rachmat Irianto-memang harus selalu tampil garang. Tapi, hal itu hanya dilakukan saat sedang berjuang di lapangan saja. Selebihnya, pemain Persebaya Surabaya itu ternyata masih tak bisa jauh dari kedua orang tuanya. 

Saat ini, Rian masuk dalam skuad Timnas U-23 yang dibawa ke Hanoi, Vietnam. Rian memang harus fokus dengan persiapan di ajang kualifikasi Piala AFC U-23. Besok skuad Garuda Muda akan bentrok dengan Thailand U-23 di Stadion My Dinh, Hanoi. 

Tapi, hal itu tak membuat Rian lupa dengan keluarganya di Surabaya. Justru di saat krusial itulah dia makin intens berkomunikasi dengan sang ayah, Bejo Sugiantoro, yang juga asisten pelatih Persebaya.

“Pasti sebelum pertandingan biasanya video call. Bukan hanya ayah sih, sama ibu juga,” kata Rian saat ditemui Jawa Pos seusai latihan.

Lantas, apa yang mereka bicarakan? “Biasanya saya minta doa sebelum tanding,” tambah pemain kelahiran 3 September 1999 tersebut.

Hal itu memang kudu dilakukan Rian. Tujuannya agar mentalnya selalu tetap terjaga dalam kondisi apa pun. “Bapak kasih semangat. Katanya, main nggak main harus tetap berikan yang terbaik,” imbuh Rian.

Nah, komunikasi dengan kedua orang tua itu jelas bakal meningkatkan mental bertanding Rian. Kebetulan, Thailand U-23 yang dihadapi di laga perdana besok bukanlah lawan enteng.

Kedua tim sudah pernah bertemu pada final Piala AFF U-22 di Kamboja (26/2) lalu. Kekalahan 0-1 di final atas Indonesia pasti membuat skuad Gajah Putih Muda ingin melakukan pembalasan.

Apalagi, Thailand memiliki banyak amunisi baru. Komposisi mereka cukup berbeda dengan saat Piala AFF U-22 lalu. Meski begitu, Rian tetap tenang. Dia sudah sangat siap untuk tampil dalam laga perdana itu.

“Mau siapapun pemain Thailand, kami harus fokus ke tim sendiri. Kami pasti siap. Kondisi saya juga sangat baik,” tegas pemain jebolan tim internal Persebaya, Indonesia Muda itu.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Bagus Putra Pamungkas