JawaPos.com – Kebahagiaan tengah dirasakan oleh bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra. Dia akhirnya bisa berkostum Timnas Indonesia. Saat ini dia tengah merampungkan proses naturalisasi menjadi WNI.

Dutra sendiri sudah bergabung bersama skuad Timnas Indonesia saat melakoni TC di Australia. Di sana, dia melakoni debut dalam sebuah laga uji coba. Dutra dimainkan dalam dua laga uji coba dan menyumbag satu gol pada laga uji coba kedua.

Selama dua pekan lebih Dutra mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Saking gembiranya, dia pamer kepada sahabatnya yang merupakan eks penggawa Timnas Brasil. Dutra menceritakan pengalamannya tersebut kepada Alexandre da Silva Mariano atau akrab disapa Amaral. Dutra memang kerap berkomunikasi dengan Amaral meski dipisahkan jarak yang sangat jauh.

Bela Timnas Indonesia, Bek Persebaya Pamer kepada Eks Timnas Brasil
Otavio Dutra saat berada d Australia mengikuti TC bersama Timnas Indonesia (Instagram Otavio Dutra)

Dutra mengatakan bahwa Amaral adalah sahabat dekatnya meski berbeda usia cukup jauh. Saat Dutra membela Persebaya pada periode pertama yakni 2010-2012, Amaral pernah menjadi rekan satu tim. Kala itu, Amaral digaet Persebaya dan bermain pada 2011-2012.

”Dia (Amaral) sahabat saya. Dia sangat senang saya dipanggil Timnas Indonesia karena Amaral tahu itu mimpi saya. Dia juga terus memberi semangat dan motivasi kepada saya,” jelas Dutra seperti dilansir laman resmi Persebaya.

Amaral memang pernah menjadi bagian dari Persebaya pada 2011-2012 dan saat itu Dutra juga masih di sana. Dia bisa dibilang menjadi pionir marquee player di kompetisi sepak bola Indonesia. Sebelum bergabung dengan Persebaya, Amaral pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia dengan menjadi bagian dari Manado United.

Dia memang pantas disebut pionir marquee player. Sebelumnya Amaral memperkuat sejumlah klub elite Brasil dan Eropa. Di antaranya Palmeiras, Corinthians, Gremio, Vasco da Gama, Parma, Benfica, Fiorentina, dan Besiktas.

Bahkan, Amaral mengecap 10 laga bersama Timnas Brasil pada 1995-1996. Dia pun sempat menjadi bagian dari Brasil U-23 di Olimpiade 1996. Kala itu, Amaral bersmain bersama Roberto Carlos, Bebeto, Ronaldo, dan Rivaldo.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin