Viral Video Marahi Warga Cianjur, Ini Klarifikasi dari Prabowo

  • Bagikan

JawaPos.com – Unggahan cuplikan video capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang terlihat tengah marah dan menepak tangan seseorang mendadak viral di media sosial (medsos). Kejadian itu diketahui saat Prabowo melawat ke Cianjur, Jawa Barat, Selasa (12/3).

Melalui keterangan tertulisnya, Prabowo menjelaskan sosok yang dimarahinya tersebut bukanlah masyarakat sebagaimana isu yang beredar di medsos. Mantan Danjen Kopassus itu menjelaskan, ia tengah menegur salah seorang pasukan pengamanan.

Masalahnya, ada seorang ibu yang terjatuh di tengah kerumunan saat hendak menyalami Prabowo yang berdiri di atas mobilnya. Si ibu tadi terjatuh lantaran dihalang-halangi sang pasukan pengamanan.

“Kamu jangan halangi saya untuk salaman dengan rakyat,” ujar Prabowo Subianto saat menuju lokasi pertemuan di Gedung Assakinah, Cianjur, Jawa Barat (12/3).

Prabowo juga sempat memperingatkan anak buahnya tersebut agar tetap menjaga suasana kondusif meski masyarakat yang hadir sangat membeludak. “Kamu tidak boleh ya kasar kepada rakyat,” perintah Prabowo kepada pengawal tadi.

Pernyataan ini membantah fitnah dan isu yang disebarkan oleh pihak tertentu yang menyebut Prabowo memarahi warga. Kepala Media Center Prabowo, Ariseno Ridhwan memastikan, hal itu tidak benar.

“Ini kan fitnah. Digoreng oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menyudutkan Pak Prabowo. Padahal kenyataannya tidak demikian. Pak Prabowo malah khawatir dan sangat memperhatikan dan mengapresiasi seluruh warga yang ikut dalam kegiatannya,” katanya.

Petugas Pengamanan Minta Maaf

Sementara itu, tak lama setelah Prabowo melemparkan tegurannya, petugas pengamanan yang dimaksud menggelar konferensi pers. Ternyata, dia adalah AKBP Rahmat Hakim yang merupakan Satgas Puspatwal VVIP Mabes Polri.

Hakim memang ditugaskan mengawal dari capres 02 Prabowo Subianto dari Mabes Polri. Atas tindakan kasarnya, Hakim pun secara terbuka meminta maaf kepada warga Cianjur.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat Cianjur serta kepada bapak Haji Prabowo Subianto atas kegiatan pengawalan yang kami laksanakan,” kata Hakim dalam sebuah video yang beredar.

Menurut Hakim, aksinya tersebut dilakukan karena melihat antusiasme yang besar dari warga Cianjur saat tersebut. Saat itu, banyak warga yang mencoba mendekati kendaraan Prabowo.

  • Bagikan